Pages

Monday, February 28, 2011

Menggiring opini massa

Ada sebuah analisa tentang suatu peristiwa, ketika kejadian yang berlangsung tidak seru, tidak menantang, tidak menarik maka dibentuk opini massa di blow up secara sporadis untuk mengedukasi massa dengan cara - cara yang tidak etis untuk menyalahkan salah satu pihak dan membenarkan pihak lain. Opini- opini liar tanpa kontrol ini seharusnya ditandingi dengan opini liar lain yang bertolak belakang dengan opini awal sehingga massa menjadi stagnan dan statis, kesulitan mencerna mana yang benar dan mana yang salah.

Opini adalah akumulasi kata dan ide yang dirangkai didalam pikiran dengan mengabaikan data dan fakta yang ada, opini cenderung subyektif, sehingga opini menjadi senjata ampuh untuk mengaduk emosi massa, menggerakkan massa dan memprovokasi massa. Ciri khas dari manusia gemar beropini adalah "kalau menurut pendapat saya", " kalau menurut pemikiran saya". Sinisnya, penggemar opini mengabaikan pendapat, ide bahkan fakta yang ada. Penggemar opini cenderung narsistik dan merasa dirinya benar.

Menggiring opini massa demi kepentingan kecil, kepentingan pribadi adalah pembunuhan karakter yang paling ampuh. Ketika opini yang terbentuk menjadi snow ball maka penggiring opini akan membiarkan efek opininya berdampak baik. Semakin kritisnya rakyat, semakin teredukasinya massa dengan pilihan yang beragam maka menggiring opini massa justru mampu menjadi bumerang, pencitraan diri yang berlebihan, tebar pesona, penyebaran pesan-pesan palsu akan menjadi titik awal ketidakpercayaan.

Hati-hati jika anda ingin menggiring opini massa, kesalahan penyusunan kalimat justru menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan. Berhati-hati dengan keyakinan bahwa "ANDA YANG PALING BENAR" karena orang yang anda anggap salah, akan menyerang pada waktu yang tepat, unpredictable dan akurat. Jika anda menyadari kaidah "MANUSIA PASTI MATI" jangan percepat kematian hanya gara-gara salah menyusun kata. Jangan sampai lidah anda menusuk hati orang lain karena akibatnya bisa SANGAT FATAL.


coba lihat cara penggiringan opini oleh pewawancara dibawah ini :

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.