Pages

Monday, February 23, 2009

FAKTOR PENYEBAB GANGGUAN JIWA

Sampai saat ini belum diketahui penyebab (etiologi) yang pasti yang menyebabkan seseorang Menderita skizofrenia, Beberapa factor yang diduga menjadi penyebab sikozofrenia antara lain :
1. Faktor genetik;
2. Virus;
3. Auto antibody;
4. Malnutrisi.

Genetik
Dari sebuah penelitian diperoleh gambaran sebagai berikut :
(1) Studi terhadap keluarga menyebutkan pada orang tua 5,6%, saudara kandung 10,1%; anak-anak 12,8%; dan penduduk secara keseluruhan 0,9%.
(2) Studi terhadap orang kembar (twin) menyebutkan pada kembar identik 59,20%; sedangkan kembar fraternal 15,2%.

Penelitian lain menyebutkan bahwa gangguan pada perkembangan otak janin juga mempunyai peran bagi timbulnya skizofrenia kelak dikemudian hari. Gangguan ini muncul, karena kekurangan gizi, infeksi, trauma, toksin dan kelainan hormonal. Penelitian mutakhir menyebutkan bahwa meskipun ada gen yang abnormal, skizofrenia tidak akan muncul kecuali disertai faktor-faktor lainnya yang disebut epigenetik faktor.

Skizofrenia muncul bila terjadi interaksi antara abnormal gen dengan :
(a) Virus atau infeksi lain selama kehamilan yang dapat menganggu perkembangan otak janin;
(b) Menurunnya autoimun yang mungkin disebabkan infeksi selama kehamilan;
(c) Komplikasi kandungan; dan
(d) Kekurangan gizi yang cukup berat, terutama pada trimester kehamilan.

Selanjutnya dikemukakan bahwa orang yang sudah mempunyai faktor epigenetik tersebut, bila mengalami stresor psikososial dalam kehidupannya, maka risikonya lebih besar untuk menderita skizofrenia dari pada orang yang tidak ada faktor epigenetik sebelumnya.

Penyebab Umum Gangguan jiwa
Manusia bereaksi secara keseluruhan, secara holistik, atau dapat dikatakan juga, secara somato-psiko-sosial. Gangguan jiwa artinya bahwa yang menonjol ialah gejala-gejala yang patologik dari unsur psikis. Hal ini tidak berarti bahwa unsur yang lain tidak terganggu. Hal-hal yang dapat mempengaruhi perilaku manusia ialah keturunan, usia dan Jenis Kelamin, keadaan fisik, keadaan psikologik, keluarga, adat-istiadat, kebudayaan dan kepercayaan, pekerjaan, pernikahan dan kehamilan, kehilangan dan kematian orang yang dicintai, agresi, rasa permusuhan, hubungan antar manusia, dan sebagainya.

Perkiraan jumlah penderita beberapa jenis gangguan jiwa yang ada dalam satu tahun di Indonesia.
Psikosa fungsional 520.000
Sindroma otak organik akut 65.000
Sindroma otak organik menahun 130.000
Retradasi mental 2.600.000
Nerosa 6.500.000
Psikosomatik 6.500.000
Gangguan kepribadian 1.300.000
Ketergantungan obat 1.000

Biarpun gejala umum atau gejala yang menonjol itu terdapat pada unsur kejiwaan, tetapi penyebab utamanya mungkin di fisik (somatogenik), dilingkungan sosial (sosiogenik) ataupun di psikis (psikogenik). Biasanya tidak terdapat penyebab tunggal, akan tetapi beberapa penyebab sekaligus dari berbagai unsur itu yang saling mempengaruhi atau kebetulan terjadi bersamaan, lalu timbullah gangguan fisik ataupun jiwa. Umpamanya seorang dengan depresi, karena kurang makan dan tidur daya tahan fisiknya mengalami penurunan sehingga mengalami penyakit fisik.

Sebaliknya seorang dengan penyakit fisik misalkan kanker yang melemahkan, maka secara psikologisnya juga akan menurun sehingga kemungkinan mengalami depresi. Penyakit pada otak sering mengakibatkan gangguan jiwa. Contoh lain adalah seorang anak yang mengalami gangguan otak (karena kelahiran, peradangan dan sebagainya) kemudian menjadi hiperkinetik dan sukar diasuh. Ia mempengaruhi lingkungannya, terutama orang tua dan anggota lain serumah. Mereka ini bereaksi terhadapnya dan mereka saling mempengaruhi. Sumber penyebab gangguan jiwa dipengaruhi oleh faktor-faktor pada ketiga unsur itu yang terus menerus saling mempengaruhi, yaitu :

1. Faktor-faktor somatik (somatogenik)
  • Neuroanatomi
  • Neurofisiologi
  • neurokimia
  • tingkat kematangan dan perkembangan organik
  • faktor-faktor pre dan peri - natal
2. Faktor-faktor psikologik ( psikogenik) :
  • Interaksi ibu –anak : normal (rasa percaya dan rasa aman) atau abnormal berdasarkan kekurangan, distorsi dan keadaan yang terputus (perasaan tak percaya dan kebimbangan)
  • Peranan ayah
  • Persaingan antara saudara kandung
  • inteligensi
  • hubungan dalam keluarga, pekerjaan, permainan dan masyarakat
  • kehilangan yang mengakibatkan kecemasan, depresi, rasa malu atau rasa salah
  • Konsep diri : pengertian identitas diri sendiri versus peran yang tidak menentu
  • Keterampilan, bakat dan kreativitas
  • Pola adaptasi dan pembelaan sebagai reaksi terhadap bahaya
  • Tingkat perkembangan emosi
3. Faktor-faktor sosio-budaya (sosiogenik)
  • Kestabilan keluarga
  • Pola mengasuh anak
  • Tingkat ekonomi
  • Perumahan : perkotaan lawan pedesaan
  • Masalah kelompok minoritas yang meliputi prasangka dan fasilitas kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan yang tidak memadai
  • Pengaruh rasial dan keagamaan
  • Nilai-nilai

NOTES :
lihat bagaimana orang yang baik - baik saja menjadi marah dengan sangat cepat.


2 comments :

  1. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata yaitu kutil yg mampu berkembang di wilayah farji apik itu kemaluan ataupun penis dan tambah bagi tanah seputar anus. Kutil kelamin yaitu nanah menyebar seksual yg bisa disebabkan oleh type human papillomavirus (HPV). Virus HPV sanggup tersebar lewat kontak cepat kulit ke kulit ataupun disaat laksanakan pertalian seksual bagus verbal, genital/vaginal, ataupun sex anal bersama wong yg sudah mempunyai kutil kelamin. Virus HPV ini teramat gampang sekali merambat terpenting untuk wong yg mempunyai kehidupan seksual repot dan tidak jarang berganti-ganti pasangan. bakal malahan, tak seluruh jalma yg mempunyai HPV dapat kutil kelamin meski terus bisa menularkan. Munculnya kutil kelamin dipengaruhi keadaan badan atau daya tahan badan tiap-tiap orang.
    Virus HPV kategori 6 dan 11 adalah jenis virus HPV yg paling tidak jarang menubuhkan kutil kelamin. bisul virus HPV mampu memunculkan pertanda bagus oleh wahid jenis virus ataupun coinfeksi oleh sekian banyak type virus HPV. bisul virus HPV bisa berpotensi jadi kanker seperti kanker leher kandungan dan kanker anus.
    GEJALA

    pertanda kutil kelamin merupakan munculnya daging berkembang yg terhadap kebanyakan berona lebih ilegal daripada kulit disekitarnya. Kutil ini mampu unjuk dengan cara soliter satu( ataupun dengan cara berkelompok/cluster. Kutil unjuk terpenting di tanah tekstur luar kelamin seperti guna wilayah skrotum, batang penis, kulit di seputar anus, dan labia majora asal vagina.Akan sebaliknya kutil kelamin sedang mampu unjuk bagi kualitas dekat strata( mukosa) seperti untuk negeri pada anus, di pada memek, susukan kencing, ataupun kepada sirah penis/glans penis. Kutil kelamin bertakaran 1-5 milimeter dan sanggup berkelompok jadi agung, kutil bisa jadi mencocok (terkeratinisasi) ataupun lembut, dan terkadang sanggup gatal dan berpembawaan. Kutil kelamin tidak hanya merintangi ketika melaksanakan gerakan seksual bisa membuatkan stadium keimanan diri seorang dan terus memunculkan kecemasan.
    PENYEBAB

    Penyebab semenjak kutil kelamin merupakan human papillomavirus, guna membenarkan bisul ini bisa dilakukan sensor DNA cuma( bagi sekian banyak kategori HPV).
    PENGOBATAN

    penggarapan efektif permulaan kutil kelamin yakni penangkalan yg bisa dilakukan bersama memanfaatkan vaksin HPV seperti Gardasil. Vaksin ini memelihara badan jalma semenjak HPV jenis 16, 18, 6 dan 11. bakal sebaliknya vaksin ini cuma efektif apabila satu orang belum terbuka type / type permulaan HPV termuat paling utama sebelum wong tersimpul mempunyai kehidupan seksual yg repot. Pengobatan buat kutil yg sudah berkembang bisa dilakukan dgn melaksanakan penyingkiran kutil dgn pembedahan mungil bagus bersama eksisi kutil pembelahan( dan eliminasi jaringan kutil), cryosurgery dgn nitrogen encer, electrocauterization, dan bersama memakai laser.

    Bila pertanyaan masih belum terpecahkan silahkan menghubungi dokter spesialis Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

    Pengobatan kulup di apollo | obati kulup panjang

    Ejakulasi dini dan penanganannya | Klinik sunat apollo jakarta pusat

    Konsultasi dokter spesialis | Free Chat

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.