Pages

Monday, March 7, 2011

Daya tilik diri

Apa sih pentingnya daya tilik diri? Apa pengertian daya tilik diri? Akibat dari daya tilik diri yang negative? Daya tilik diri adalah kemampuan menilai diri, mengevaluasi intrapersonal, mengukur kelebihan dan kelemahan, menerima semua yang ada pada diri. Kemampuan menilai internal ini menjadi penting, karena kesalahan menilai diri akan membuat gangguan interaksi sosial maupun interpersonal. Contoh sederhana, seseorang yang merasa dirinya gagal, tidak mampu mencapai sesuatu, merasa tidak memiliki kelebihan akan cenderung minder. Ada perbedaan mendasar antara minder dan low profile. Minder adalah menilai negativ diri, low profile merasa diri setara dengan orang lain sebagai manusia, memahami kewajiban menghormati orang lain.

Evaluasi internal membuat seseorang assertive terhadap kritik, siap mundur jika memang tidak dianggap kapabel, siap menerima kekalahan, penolakan, kegagalan dengan respon yang wajar tanpa ego mechanism defence yang berlebihan. Pertahanan ego adalah mekanisme perlawanan terhadap stressor psikologis tetapi pertahanan ego yang berlebihan justru mengarah ke pemaksaan ide, pemaksaan kehendak, pemaksaan kemauan agar diterima orang lain secara TERPAKSA. Pemerkosaan terhadap ide dan kreativitas, membelenggu imajinasi orang lain dan merasa PALING BENAR.

Daya tilik diri adalah cermin, melihat kedalam jiwa diri sendiri. Banyak orang yang terlalu kerdil menilai diri tapi tak sedikit pula yang berlebihan melihat diri sendiri. Cukup dengan low profile, terencana dan sistematis sudah mampu mengontrol keadaan. Sebaik apa anda menilai diri anda?

Kehidupan manusia adalah sebuah rangkaian film yang jika diputar memiliki rangkaian yang saling berkaitan, setiap kejadian masa lalu membawa dampak di masa kini maupun masa depan, semua peristiwa baik, buruk akan berdampak pada sisi psikologis. Tingkatkan kemampuan menilai diri! Semakin assertive terhadap diri, semakin positive daya tilik diri, semakin baik secara psikologis. Tidak ada under estimate, tidak ada waham kebesaran, tidak ada pencitraan berlebih terhadap diri.

Nilai semua dari internal anda, internal task force, internal institusi semakin naik lingkupnya. Kegagalan pemimpin melakukan penilaian diri berdampak hilangnya loyalitas, bagaimana jika bukan pemimpin? Resign atau mengundurkan diri dari sebuah tugas, posisi, jabatan dll. Daya tilik diri adalah kunci untuk mencapai tujuan hidup. Diperlukan sebuah breakthrough, sikap positive, the winning spirit untuk mencapai tujuan. Daya tilik diri positive membuat kita nyaman dengan diri sendiri, orang lain nyaman dengan kita. Semoga semua pihak bisa mengoreksi dirinya dulu sebelum MENGOREKSI ORANG LAIN.

Seolah - olah orang yang dalam video ini salah, tapi bisa saja sebenarnya tidak

2 comments :

  1. Orang yang sudah mempunyai dan menemukan daya tilik diri mereka masing2 pasti akan memiliki sifat low profile. Namun terkadang seseorang hanya mampuu menilai kejelekan diri mereka sendiri dan tidak mampu untuk mengubah serta bangkit dari keterpurukan. apakah itu juga termasuk sudah mengerti benar apa itu daya tilik diri mas?
    Antique Mahogany Furniture
    Kumpulan cara
    Newest gadgets

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.