Pages

Sunday, March 13, 2011

Matang

Jika telur rebus dikatakan matang maka kriterianya sangat jelas, kuning telur padat, putih telur padat. Jika menanak nasi dikatakan matang indikatornya juga mudah. Tapi, bagaimana seseorang dikatakan matang? Apakah karena kuning telur? Karena permukaan kulit yang keras? Kematangan seseorang terlalu rumit dibuat kriteria, apakah usia tua indikator kematangan? Belum tentu. Banyak bocah tua nakal yang bersliweran. Apakah pendidikan tinggi menjadi indikator kematangan? Tidak, banyak orang berpendidikan tinggi yang justru arogan, berpendidikan tinggi tapi terlalu mengagungkan ilmunya dan merendahkan orang lain. Berpendidikan tinggi tapi mengabaikan ide, logika dan perasaan orang lain.

Apakah status sosial menjamin kematangan? Tidak, banyak penguasa yang arogan, banyak pengusaha yang memutar balikkan fakta, memanipulasi data. Apakah religius menjadi indikator kematangan? Tidak, banyak orang berilmu agama tinggi yang mengoyak tatanan, peradaban bahkan memporak porandakan aturan-aturan baku yang ada. Lalu, apa indikator dan kriteria seseorang dikatakan matang?

Telur matang karena direbus, air mendidih karena dipanaskan, pisau adalah baja yang ditempa, manusia matang adalah orang-orang yang telah lulus dari berbagai ujian kehidupan. Mental mereka ditempa dengan penolakan, fitnah, ancaman, kegagalan, bangkrut, jatuh, rugi dan berbagai ujian lain yang membuat mental mereka semakin kuat, tangguh dan tahan banting.

Manusia-manusia matang ini telah menemukan arti dan makna hidup, kematangan mereka terejawantahkan dalam tutur, sikap, cara pandang, toleransi, menerima perbedaan, mengakui kelemahan, mereka tidak ragu dalam mengambil keputusan, semua solusi yang ditawarkan membuat nyaman semua pihak.Manusia matang adalah juara yang telah melewati berbagai macam rintangan dalam hidupnya, mereka telah menemukan THE MEANING OF LIVE, menemukan makna kehidupan dan mereka menjalani kehidupan dengan sebuah tujuan yang jelas, rencana yang matang, mengevaluasi setiap kejadian dalam hidup sehingga mengurangi waktu untuk mengoreksi orang lain.

Apakah anda telah menemukan sosok matang disekitar anda? Atau justru anda sendiri pria matang tersebut.

lihatlah bagaimana reaksi Jackie Chan ketika semua orang tidak mengenalnya, lihat kematangan emosinya

2 comments :

  1. Super sekali mas.. kata-katanya bikin betah nongkrong pada blog ini, meskipun ada beberapa artikel yang belum saya ketahui maknanya namun saya sangat senang bisa menemukan artikel njnengan..
    Antique Mahogany Furniture
    Kumpulan cara
    Newest gadgets

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.