Pages

Monday, March 28, 2011

Format terapi individu/interaksi

Fase orientasi
  1. Mengucapkan salam terapeutik
  2. Melakukan evaluasi kemampuan yang sudah dikuasai
  3. Validasi kemampuan yang sudah dikuasai
  4. Melakukan kontrak (topik, waktu & tempat)

Fase kerja
  1. Mempersiapkan klien, lingkungan, alat/media
  2. Melakukan tindakan sesuai dengan tujuan atau memodifikasi tindakan yang sesuai kondisi klien
  3. Memberikan reinforcement secara tepat

Fase terminasi
  1. Mengevaluasi respon klien terhadap tindakan
  2. Mengulang hal yang telah disepakati dan didiskusikan
  3. Merencanakan tindak lanjut
  4. Membuat kontrak yang akan datang

Hal-hal yang harus diperhatikan :
  1. Berhadapan, mempertahankan kontak mata, sedikit membungkuk kearah klien, sikap terbuka, rileks, jarak terapeutik, mengontrol perilaku non verbal
  2. Menggunakan teknik komunikasi terapeutik
  3. Menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti
jika anda bertemu orang yang nyaris putus asa, coba bujuk seperti pemain biola ini.

Sunday, March 13, 2011

Matang

Jika telur rebus dikatakan matang maka kriterianya sangat jelas, kuning telur padat, putih telur padat. Jika menanak nasi dikatakan matang indikatornya juga mudah. Tapi, bagaimana seseorang dikatakan matang? Apakah karena kuning telur? Karena permukaan kulit yang keras? Kematangan seseorang terlalu rumit dibuat kriteria, apakah usia tua indikator kematangan? Belum tentu. Banyak bocah tua nakal yang bersliweran. Apakah pendidikan tinggi menjadi indikator kematangan? Tidak, banyak orang berpendidikan tinggi yang justru arogan, berpendidikan tinggi tapi terlalu mengagungkan ilmunya dan merendahkan orang lain. Berpendidikan tinggi tapi mengabaikan ide, logika dan perasaan orang lain.

Apakah status sosial menjamin kematangan? Tidak, banyak penguasa yang arogan, banyak pengusaha yang memutar balikkan fakta, memanipulasi data. Apakah religius menjadi indikator kematangan? Tidak, banyak orang berilmu agama tinggi yang mengoyak tatanan, peradaban bahkan memporak porandakan aturan-aturan baku yang ada. Lalu, apa indikator dan kriteria seseorang dikatakan matang?

Telur matang karena direbus, air mendidih karena dipanaskan, pisau adalah baja yang ditempa, manusia matang adalah orang-orang yang telah lulus dari berbagai ujian kehidupan. Mental mereka ditempa dengan penolakan, fitnah, ancaman, kegagalan, bangkrut, jatuh, rugi dan berbagai ujian lain yang membuat mental mereka semakin kuat, tangguh dan tahan banting.

Manusia-manusia matang ini telah menemukan arti dan makna hidup, kematangan mereka terejawantahkan dalam tutur, sikap, cara pandang, toleransi, menerima perbedaan, mengakui kelemahan, mereka tidak ragu dalam mengambil keputusan, semua solusi yang ditawarkan membuat nyaman semua pihak.Manusia matang adalah juara yang telah melewati berbagai macam rintangan dalam hidupnya, mereka telah menemukan THE MEANING OF LIVE, menemukan makna kehidupan dan mereka menjalani kehidupan dengan sebuah tujuan yang jelas, rencana yang matang, mengevaluasi setiap kejadian dalam hidup sehingga mengurangi waktu untuk mengoreksi orang lain.

Apakah anda telah menemukan sosok matang disekitar anda? Atau justru anda sendiri pria matang tersebut.

lihatlah bagaimana reaksi Jackie Chan ketika semua orang tidak mengenalnya, lihat kematangan emosinya

Saturday, March 12, 2011

Makna kehidupan

Memaknai kehidupan sebenarnya bisa sangat sederhana, simpel dan mudah. Tetapi ada yang memaknai kehidupan dengan ribet, rumit dan ruwet. Mereka berburu, merenung, mencari, melacak makna kehidupan. Mereka berharap akan menemukannya disuatu tempat, berharap menemukannya diluar diri mereka. Makna kehidupan ada dalam pikiran, ada dalam hati, dalam jiwa.

Mencari makna kehidupan hanya bertumpu pada 2 hal. Vertikal dan horisontal, vertikal adalah hubungan dengan Tuhan, horisontal dengan mahluk ciptaan Tuhan. Kebahagiaan, ketentraman, kedamaian hanya didapat ketika seseorang hanya memiliki satu-satunya rasa takut. Rasa takut kepada Tuhan, bukan rasa takut kepada mahluk ciptaan Tuhan.

Bagaimana dengan bencana? Bagaimana dengan kehilangan? Bagaimana dengan ketidakadilan? Bagaimana bisa bahagia jika diperlakukan tidak adil? Bagaimana hidup tentram jika ada pihak ke 3,4,5,6,7 yang merecoki kehidupan kita? Semakin banyak pertanyaan bagaimana, semakin resah hidup ini.

Kehidupan yang nyaman adalah NOTHING TO LOSE, hilangnya kekhawatiran tentang masa depan, hilangnya kekhawatiran kehilangan pekerjaan, hilangnya kekhawatiran akan kegagalan. Ada banyak hal yang layak disyukuri, hal-hal kecil yang jarang disadari.

Ada orang berlimpah harta yang hatinya selalu resah, ada orang yang kekurangan harta juga resah, ada orang berlimpah harta yang hidupnya tentram, ada orang kekurangan harta yang hidupnya tentram.

Keadaan, situasi, tidak selalu membawa ketentraman, kedamaian, kebahagiaan. Semua hanya sudut pandang, persepsi. Syukuri semua mulai saat ini, terima semua keadaan dengan lapang dada.

Kehidupan akan menjadi indah ketika warna merah keberanian, dipadu dengan kuning kemakmuran, hijau yang religius, hitam yang berduka, merah muda yang sedang jatuh cinta.


Jika anda bisa menjalani kehidupan seperti video ini, rasanya semua terlihat indah

Monday, March 7, 2011

Daya tilik diri

Apa sih pentingnya daya tilik diri? Apa pengertian daya tilik diri? Akibat dari daya tilik diri yang negative? Daya tilik diri adalah kemampuan menilai diri, mengevaluasi intrapersonal, mengukur kelebihan dan kelemahan, menerima semua yang ada pada diri. Kemampuan menilai internal ini menjadi penting, karena kesalahan menilai diri akan membuat gangguan interaksi sosial maupun interpersonal. Contoh sederhana, seseorang yang merasa dirinya gagal, tidak mampu mencapai sesuatu, merasa tidak memiliki kelebihan akan cenderung minder. Ada perbedaan mendasar antara minder dan low profile. Minder adalah menilai negativ diri, low profile merasa diri setara dengan orang lain sebagai manusia, memahami kewajiban menghormati orang lain.

Evaluasi internal membuat seseorang assertive terhadap kritik, siap mundur jika memang tidak dianggap kapabel, siap menerima kekalahan, penolakan, kegagalan dengan respon yang wajar tanpa ego mechanism defence yang berlebihan. Pertahanan ego adalah mekanisme perlawanan terhadap stressor psikologis tetapi pertahanan ego yang berlebihan justru mengarah ke pemaksaan ide, pemaksaan kehendak, pemaksaan kemauan agar diterima orang lain secara TERPAKSA. Pemerkosaan terhadap ide dan kreativitas, membelenggu imajinasi orang lain dan merasa PALING BENAR.

Daya tilik diri adalah cermin, melihat kedalam jiwa diri sendiri. Banyak orang yang terlalu kerdil menilai diri tapi tak sedikit pula yang berlebihan melihat diri sendiri. Cukup dengan low profile, terencana dan sistematis sudah mampu mengontrol keadaan. Sebaik apa anda menilai diri anda?

Kehidupan manusia adalah sebuah rangkaian film yang jika diputar memiliki rangkaian yang saling berkaitan, setiap kejadian masa lalu membawa dampak di masa kini maupun masa depan, semua peristiwa baik, buruk akan berdampak pada sisi psikologis. Tingkatkan kemampuan menilai diri! Semakin assertive terhadap diri, semakin positive daya tilik diri, semakin baik secara psikologis. Tidak ada under estimate, tidak ada waham kebesaran, tidak ada pencitraan berlebih terhadap diri.

Nilai semua dari internal anda, internal task force, internal institusi semakin naik lingkupnya. Kegagalan pemimpin melakukan penilaian diri berdampak hilangnya loyalitas, bagaimana jika bukan pemimpin? Resign atau mengundurkan diri dari sebuah tugas, posisi, jabatan dll. Daya tilik diri adalah kunci untuk mencapai tujuan hidup. Diperlukan sebuah breakthrough, sikap positive, the winning spirit untuk mencapai tujuan. Daya tilik diri positive membuat kita nyaman dengan diri sendiri, orang lain nyaman dengan kita. Semoga semua pihak bisa mengoreksi dirinya dulu sebelum MENGOREKSI ORANG LAIN.

Seolah - olah orang yang dalam video ini salah, tapi bisa saja sebenarnya tidak