Pages

Tuesday, November 24, 2009

BEDA VISI, HALUSINASI DAN WAHAM

Apa beda Visi, Halusinasi dan Waham? apa yang membedakan seorang Visioner dengan penderita Gangguan Jiwa halusinasi maupun Waham?

Visi merupakan sebuah ide jangka panjang yang dirumuskan untuk menentukan titik yang akan dicapai dimasa depan, Visi adalah kristalisasi dari imajinasi seseorang yang tergambar secara abstrak didalam pikiran. Imajinasi ini berbentuk sebuah gambar 3 dimensi abstrak yang jika dituangkan dalam sebuah skema maka skema tersebut mampu dibaca oleh orang lain, ketika gambar 3D tersebut disalin atau diterjemahkan oleh seorang ahli gambar maka imajinasi tersebut mampu direalisasikan oleh seorang ahli konstruksi menjadi sebuah bentuk atau jika imajinasi tersebut berbentuk soft skill maka soft skill tersebut mampu diterapkan oleh orang lain.

Halusinasi adalah kesalahan persepsi terhadap sebuah obyek sedangkan obyek tersebut sebenarnya tidak ada? mengapa seseorang bisa mengalami halusinasi? ada beberapa sebab seseorang berhalusinasi : trauma kepala, penyalahgunaan zat, trauma psikologis dll. Sama - sama membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada tetapi halusinasi lebih rancu dan bias, orang lain tidak mampu melukiskan bentuk halusinasi tersebut karena obyek yang digambarkan dalam imajinasi penderita halusinasi berbentuk tak beraturan, sehingga apa yang mereka lihat hanya mereka sendiri yang mampu menerjemahkan dan membacanya.

Waham lebih parah dari halusinasi, penderita waham bisa sangat yakin dengan kesalahan persepsi tersebut, dari kesalahan memandang dirinya sendiri sehingga merasa PALING dari orang lain, perasaan PALING tersebut membuat dia melakukan isolasi sosial, menjauh dari kelompok ketika dia kecil dan memilih kelompok khusus dengan perasaan PALING pula. Merasa PALING membuat seseorang merasa berbeda, merasa LEBIH dari orang lain, akibatnya mereka melakukan perilaku yang TIDAK SESUAI dengan kaidah yang berlaku di masyarakat.

Visi melihat masa depan dengan sebuah detil yang mampu dijabarkan dengan sangat rinci dan detil oleh sang imajinator sedangkan halusinasi dan waham adalah bentuk absurd dan abstrak dari kekacauan proses pikir, sehingga terkadang waham disebut dengan gangguan isi pikir sedangkan halusinasi disebut dengan GANGGUAN PERSEPSI SENSORI, gangguan jiwa bukanlah sebuah bentuk abstrak, meskipun psikologis tidak memiliki kriteria ukur yang jelas seperti fisik tetapi psikologis dapat dinilai dengan beberapa indikator - indikator yang sesuai.

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.