Pages

Wednesday, October 15, 2014

Aktualisasi diri, gengsi atau kurang percaya diri

Beli mobil baru biar terlihat kaya, bangun rumah megah biar di wah sama orang, jalan - jalan ke luar negeri biar dikira sukses. Trus upaya untuk menjamin semua itu dengan bukti dokumen foto, sambil nyetir, sambil foto dibawah patung singa di singapura atau foto didepan menara kembar petronas. Aktualisasi diri biar dikira kaya, gaya hidup orang kaya atau sebenarnya pura-pura kaya?

Aktualisasi diri adalah self acceptance, menerima diri kemudian menampilkan diri utuh tanpa topeng, senyum karena memang bahagia dan cemberut karena bete, dongkol, emosi dll. Aktualisasi diri adalah "inilah aku", tanpa polesan dan tanpa settingan. Nanti kalo gak gitu aku dikira miskin, disebut miskin dsb. Accept the reality, aktualisasi diri adalah menerima realita, menerima fakta kehidupan tanpa harus beralibi ini dan itu.
Bob sadino pede aja pakai celana pendek, banyak orang sukses beneran tidak perduli penilaian orang, mereka perduli fakta dan realita, mengkalkulasi aset, menurunkan liabilitas, memutar uang, memaksimalkan potensi pendapatan, menikmati dan menjalani hidup dengan enjoy, terencana ke masa depan but still happiness.

Jarang mengeluh, just do it, do it better, better service dsb. Orang sukses beneran tidak perlu cerita punya uang berapa, mobilnya apa dll. Orang sukses beneran sudah kenyang pujian dan caci maki, mereka hanya fokus pada growth asset, growth mindset, homeostasis life dsb. Orang sukses beneran gak perlu pamer.
Jadi aktualisasikan diri anda tanpa perlu lebay dan kebanyakan akting, natural saja, mengalir seperti air dan berhembus seperti angin, aktualisasi is mindset bukan attitude, attitude adalah bentuk fisik dari mindset, asal mindset benar, right word, right behaviour, right attitude your future is bright.
Gampang sekali bicara, be good and you will success, jadilah baik maka anda akan sukses, jadilah natural person yang tidak terdikte eksternal.

1 comment :

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.