Pages

Wednesday, October 1, 2014

Membaca drama atau realita

Salah satu ciri gejala pada pasien schizofrenia disebut dengan halusinasi, ketidakmampuan untuk membedakan realita dan non reality. Tetapi akhir - akhir ini mungkin kita disuguhi drama, opera atau entah apa namanya. Sebuah tontonan tentang dua kubu yang saling merasa benar, merasa sebagai pihak pandawa. Hal ini membuat orang dengan status mental paling bagus sekalipun kesulitan membaca realita yang ada, fakta yang sebenarnya.

Paradigma, mindset yang tertanam adalah benar vs salah, kurawa vs pandawa, superhero vs penjahat. Realitanya bisa saja salah vs salah atau benar vs benar. Bahkan superhero vs superhero pun wajar - wajar saja. Bahwa yang berkonflik sama - sama benar pun bisa terjadi. Mindset hitam putih ini tertanam dibenak kita dan terendap dialam bawah sadar.

Teori manajemen konflik menjelaskan bahwa konflik ada di 3 area, keduanya benar, keduanya salah, atau salah satu benar/salah. Jika kita ingin melihat realita dengan baik, benar dan tepat maka sudah seharusnya kita memberi 3 opsi pada logika. Logika tidak harus terbiaskan oleh realita - realita semu. Kita tidak mampu membaca mana pandawa dan mana kurawa. Asas obyektif tetap mengedepankan segala peluang yang bisa muncul.

Jika ingin melihat realita dengan baik hanya mata batin, naluri, insting, indra ke enam dan kejernihan hati yang bisa melihatnya. Otak cenderung mudah di denial of service oleh banjir informasi, kalo otak hang maka kendali hati yang memimpin tubuh. Halusinasi2 pada schizofrenia bisa diobati tapi halusinasi pada orang normal dengan olah rasa dan self manajemen.
Semoga anda makin jernih melihat fakta dan realita, bukan lagi halusinasi yang terjadi karena hang otak akibat overload informasi.

2 comments :

  1. artikel agan sangat mudah dipahami makasih atas apreasi dalam menulis postingan yang baik dan benar semoga jadi amal ibadah buat agan :D

    yo dari Tutorial Blogger | SEO

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.