Pages

Thursday, August 13, 2009

GANGGUAN JIWA & HEDONISME

Benarkah ada kaitan antara memperturutkan hawa nafsu duniawi dengan gangguan jiwa? jika memang ada maka harus dibuat sebuah penelitian tentang pengaruh hedonisme dengan Gangguan Jiwa, hedonisme ini akan mempengaruhi perilaku manusia dalam mengkonsumsi sesuatu, dalam melakukan sesuatu, dalam memenuhi gaya hidupnya, dalam merencanakan dan mengisi kegiatan hidupnya, seorang hedonis cenderung tidak mampu mengontrol dan mengendalikan dirinya. Semua keinginannya berusaha dipenuhi, apakah keinginan tersebut melanggar hak orang lain? apakah keinginan tersebut bertentangan dengan nilai dan norma, apakah keinginan tersebut bertentangan dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Seorang hedonis menganut kepentingan "ASALKAN SEMUA KEINGINAN GUE TERCAPAI", akibat dari pemikiran ini maka mereka mengabaikan hak orang lain, mengabaikan kepentingan orang lain dan merasa MEREKA yang harus didahulukan dalam segala hal.

Apa yang membuat para hedonis ini menghalalkan segala cara untuk menggapai sesuatu, apakah cara yang mereka pakai itu melanggar agama, apakah cara yang mereka pakai merugikan orang lain yang penting kepentingan mereka tercapai, Hedonis terlalu mengagungkan kemewahan duniawi, sehingga mereka meninggalkan ukhrawi, mereka meninggalkan nilai - nilai kebenaran yang hakiki dan membuat nilai - nilai kebenaran yang menguntungkan diri dan teman - teman yang mendukung mereka.

Akibat dari memperturutkan hawa nafsu ini hati mereka menjadi hampa, mereka merasa tidak pernah bahagia, bahkan mereka menganggap bahwa kebahagiaan adalah ketika mereka menjadi yang terbaik, menjadi yang terhebat, menjadi yang paling dalam segala hal, akibatnya segala hal yang bisa membuat bahagia menurut orang lain belum mampu membuat bahagia menurut para hedonis.

Jika seseorang merasa sangat berbahagia ketika mereka dapat melakukan sebuah kegiatan bersama dengan keluarga maka para hedonis baru akan bahagia setelah mereka mendapatkan sebuah gelar, sebuah julukan YANG TER..., akibat dari keinginan yang abstrack ini, mereka tidak pernah mensyukuri sebuah pemberian, mereka tidak mau menikmati setiap kenikmatan hidup karena keinginan menjadi YANG TER... itu belum terpenuhi.

Gangguan jiwa siap mengancam para hedonis, karena jiwa yang stabil adalah jiwa yang mengenal dirinya sendiri, mengenal orang lain, mengenal lingkungan dan mengenal kehidupan, tanpa sebuah konsep yang benar tentang kehidupan maka kehidupan akan dimaknai secara berbeda, kehidupan akan menjadi sebuah ajang perlombaan, kehidupan menjadi sebuah kompetisi untuk mengungguli orang lain dalam berbagai hal, Waham Kebesaran, Isolasi Sosial, Harga Diri Rendah, Halusinasi bisa muncul akibat dari ketidakmampuan menerima diri dan beberapa situasi yang berada diluar KEINGINAN tersebut.

Sehat jiwa adalah penerimaan menjalani kehidupan sesuai peran, penerimaan terhadap semua ketentuan yang berlaku dan penerimaan terhadap semua skenario dalam kehidupan yang tersaji didepan mata, Sehat jiwa adalah sebuah perjalanan panjang kedewasaan psikologis untuk mencapai tataran nyaman secara psikologis. Semua masalah berawal dari pikiran, jika merasa memiliki masalah maka lepaskan masalah dari genggaman. Lepaskan semua keserakahan, lepaskan semua rencana untuk menyakiti orang lain, lepaskan semua keinginan jahat untuk melanggar hak orang lain, kembali ke jalan yang benar, kembali ke fitrah manusia sebagai Pengabdi bagi sang PENCIPTA..

Sehat jiwa adalah kombinasi fisik, psikologis, sosial dan spiritual, mencapai kesehatan jiwa adalah kunci menggapai kebahagiaan, jika anda bisa menerima semua cerita kehidupan sebagai sebuah bagian utuh dari Novel bernama kehidupan maka semua hal dalam kehidupan akan membawa anda ke sebuah muara, sebuah tempat dimana kita menyadarai DARI MANA KITA BERASAL DAN KEMANA KITA AKAN KEMBALI..

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.