Pages

Sunday, August 30, 2009

Gangguan Mental akibat Online di Internet

Online di Internet ternyata mampu menyebabkan gangguan mental, ada beberapa kondisi atau keadaan gangguan mental yang bisa menimpa para pelaku online, berat ringannya gangguan bisa tergantung dengan konsep diri pengguna maupun beberapa faktor lain. Konsep diri seseorang terukur dari bagaimana dia mengenal dirinya sendiri melebihi orang lain, menerima kelebihan dan kekurangan kedalam satu paket. Beberapa gangguan mental tersebut adalah :

1. Gangguan kepribadian berupa emosi yang sebentar-sebentar meledak di saat online – mengamuk karena mudah tersinggung Online Intermittent Explosive Disorder/OIED)

Seperti para pembunuh berantai, orang yang mengidap gangguan ini tampak normal pada awalnya. Beberapa hari atau jam sebelumnya mereka bisa saja melakukan pembicaraan-pembicaraan lucu atau komentar-komentar hangat. Beberapa saat kemudian berubah marah-marah dan mengumpat disebabkan sesuatu yang menyinggung perasaannya.

Di dalam kehidupan nyata disebut Intermittent Explosive Disorder (IED – tanpa online) adalah suatu gangguan pengendalian diri yang dapat membuat seseorang sanggup melakukan tindakan sadis seperti membantai seluruh anggota keluarga, misalnya, hanya dikarenakan makanan kesukaan mereka dihabiskan oleh salah seorang anggota keluarga yang lain. Mereka cenderung akan mengamuk secara tidak terkendali disebabkan situasi yang tidak dikehendaknya.


Kenapa hal itu bisa terjadi di Internet?

1. Kebanyakan dari kita hanya bisa menahan hasrat untuk melakukannya di dunia nyata, yang apabila dilakukan mungkin bisa membuahkan sebuah tinju ke wajah kita.

2. Di Internet kebanyakan pengguna menyembunyikan identitas aslinya, sehingga mereka dengan bebas mengeluarkan isi hati dan kemarahannya tanpa khawatir reputasinya menjadi jelek.

3. Karena pengungkapan perasaan dalam bentuk tulisan sering terlihat datar dan tidak menggambarkan emosi dengan jelas, seperti halnya nada suara, mimik wajah dan bahasa tubuh lainnya di saat tatap muka langsung, sehingga orang cenderung menggunakan kata-kata yang tajam, kasar dan keras untuk mewakili sebuah perasaan tertentu.

Bagian yang paling aneh dari kekacauan kepribadian ini adalah mereka melakukannya – yakni memberikan komentar bernada marah, mengumpat dan mencaci – dengan sambil duduk santai, minum kopi atau sedang bercanda ria dengan teman di sampingnya.



2. Toleransi rendah terhadap kekalahan dalam forum (Low Forum Frustration Tolerance/LFFT)

Bagi orang yang suka menulis dan melakukan posting, sering kali merasa bahwa postingnya sangat sempurna. Seperti umumnya posting di internet yang selalu mendapatkan tanggapan dan komentar, maka penulisnya hampir setiap waktu mengecek masuknya komentar yang baru diberikan pembacanya. Jika ia mendapat komentar-komentar miring penuh kritik, maka dengan cepat ia akan meluncurkan jawaban yang akan mematahkan tanggapan itu.

Jika tidak ada yang memberikan komentar, dia akan mengirimkan komentarnya sendiri – mungkin dengan nama lain – untuk meramaikan tulisannya.

Di alam nyata gangguan ini disebut Low Frustration Tolerance (LFT) yang digambarkan sebagai seseorang yang mencari-cari kepuasan segera atau penghindaran dari rasa sakit dengan segera. Pada awalnya mirip dengan perilaku anak tujuh tahunan yang menginginkan sebuah mainan, dan akan berteriak dengan menghentak-hentakan tangan dan kakinya agar segera mendapatkan apa diinginkannya.

Seseorang dengan LFT sangat tergila-gila dengan pekerjaan yang sedang dilakukannya sehingga hal-hal lain dalam hidupnya seakan-akan berhenti. Hal itu sebenarnya adalah wujud dari obsesi yang berlebihan dan tidak logis, sehingga mereka melupakan hal-hal lain.

Kenapakah hal itu bisa terjadi di Internet?

Kegiatan itu membuat kita menjadi tidak sabaran, karena ingin segera melihat respon dengan dari pihak lain. Ketidaksabaran ini meminimalkan toleransi terhadap serangan yang menimbulkan ketersinggungan.



3. Munchausen di Internet - tukang cerita untuk membangkitkan rasa kasihan (Munchausen Syndrom)

Diidap oleh orang-orang yang bersembunyi di balik perasaan tidak berdosa (inosen), ketika pada suatu hari ia mengalami musibah; binatang kesayangannya, atau orangtua, atau mungkin sahabat karibnya meninggal. Atau barangkali gambaran tentang dia sendiri yang mempunyai suatu penyakit. Dia menuliskan cerita-cerita kesedihan dengan mengharapkan simpati dari pembacanya. Anda akan mengirimi orang ini doa-doa dan berbagai harapan, hadiah-hadiah dan anda berharap dia berhasil melewati masa sulit dengan tabah.

Lalu, beberapa bulan-bulan kemudian, tragedi lain membentur mereka. Sahabat baik mereka ditimpa bencana, atau menjadi lumpuh karena sebuah kecelakaan, dan lain-lain. Beberapa bulan setelah itu, ayah mereka mati. Terus berulang, berbagai cerita duka mengisi hidupnya. Seakan-akan hidupnya dipenuhi kutukan atau perasaan tidak berguna.

Di dalam kehidupan nyata gangguan ini disebut Munchausen Syndrome (MS), suatu istilah yang diambil dari nama seorang tentara Jerman, Baron Munchausen (Karl Friedrich Hieronymus Freiherr von Munchausen, 1720-1797) yang mengaku mempunyai banyak pengalaman fantastik dan petualangan-petualangan yang mustahil, oleh Rudolf Raspe kemudian dituliskan dalam sebuah buku berjudul The Surprising Adventures Baron Munchausen.

MS adalah suatu kondisi di mana seseorang dengan sengaja membuat kebohongan, menirukan, menambah buruk suatu keadaan, atau mempengaruhi diri sendiri agar sakit dengan tujuan diperlakukan seperti orang sakit. Dalam 1951, Richard Asher memakai istilah itu untuk orang-orang yang berkeliling dari satu rumah sakit ke rumah sakit yang lain, dengan membuat berbagai cerita berbeda mengenai penyakit-penyakit yang dideritanya.

Penderita kekacauan ini membutuhkan perhatian berupa rasa simpatik dan kasihan dari orang lain dengan menimbulkan kesan kesusahan dan kesulitan pada diri mereka. Apabila sudah kecanduan, mereka sulit untuk menghapuskan kebutuhannya akan rasa belas kasihan orang, dan akan merasakan hidup mereka benar-benar kacau bila tidak melakukan sebuah sandiwara lagi.

Kenapa hal itu bisa terjadi di internet?

Sangat mudah melakukan kebohongan dalam kehidupan nyata, dan sepuluh kali lebih mudah melakukannya di internet, karena tidak ada seorang pun bisa memeriksa kebenaran fakta-faktanya.

Suatu kasus yang terkenal adalah sebuah hoax di internet tentang seorang gadis bernama Kaycee Nicole, 19 tahun, yang menderita Leukemia. Tokoh rekaan yang diciptakan oleh Debbie Swenson, 40 tahun, ini menceritakan mengenai penyakit yang diidapnya selama dua tahun di suatu jurnal online dan perjuangannya menghadapi kematiannya. Kaycee lalu “meninggal”, dan ketika tidak ada berita mengenai pemakamannya di dunia nyata, maka sadarlah orang-orang bahwa cerita itu hanyalah bohong belaka.

Dan di lain waktu, Swenson mungkin masih bisa melakukan kebohongnnya berulang kali untuk memenuhi kecanduannya. Bisa saja dia membuat selusin cerita bohong dengan karakter berbeda di internet dengan sumber-sumber yang dipalsukan juga.



4. Gangguan kepribadian yang tergoda untuk memaksa orang lain pada saat online (Online Obsessive-Compulsive Personality Disorder/OOCPD)

Gangguan kepribadian jenis ini bisa dijelaskan dengan contoh kegilaan akan tata bahasa. Ketika orang menemukan suatu kesalahan tata bahasa atau penulisan kata yang keliru dari orang lain dalam sebuah posting atau komentar, maka dia langsung menyerang dan dengan keras memproternya.

Dalam kehidupan nyata disebut Obsessive-Compulsive Personality Disorder atau OCPD, tapi jangan dikacaukan dengan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD). Orang-orang dengan OCPD tidak melakukan ketaatan pada ritual-ritual aneh yang dilakukan pengidap OCD, seperti mengetuk pintu harus tiga kali atau memakan bagian ekor dari ayam goreng pada sesi terakhir setelah seluruh dagingnya habis dimakan, dan lain sebagainya.

Tipe OCPD secara sederhana mempunyai sebuah standar tegas luar biasa yang dengannya tugas-tugas tertentu harus diselesaikan dengan sempurna. Biasanya mereka bersikap tidak mau menerima dengan keras cara-cara lain yang bertentangan dengan standar mereka.

Kenapa hal demikian bisa terjadi di internet?

Dalam kenyataannya penderita OCPD merasakan ketakutan yang tidak logis terhadap dunia yang lebih berantakan, lebih kotor dan lebih kacau dibanding seharusnya yang dia pikirkan; sehingga secara cepat keadaan menjadi lebih buruk, dan akan mengalami kehancuran sampai ada seseorang yang memperbaikinya.

Di Internet, setelah membaca setiap komentar-komentar, orang normal akan menderita nasib yang sama. Tata bahasa yang keliru, pilihan kata yang tidak tepat, atau bahasa gaul yang membingungkan, mendesak anda untuk mengoreksinya. Tidak sulit merasakan keinginan untuk melatih diri menggunakan bahasa yang benar.



5. Low Cyber Self-Esteem (LCSE) atau penghargaan terhadap diri sendiri yang rendah (Seperti seseorang yang dibenci setiap orang, tapi tidak ada yang meninggalkannya)

Ada sebuah tempat bagi setiap orang di Internet untuk merasa seperti di rumah sendiri. Ketika anda dapat mengisi sebuah kotak pesan dengan para penggemar sebuah situs tertentu, tidak ada sesuatu yang merasa diasingkan.

Setiap forum, chating, atau komunitas online lainnya tampaknya bisa memaksa orang – yang tidak merasa betah sekalipun – untuk tetap tinggal. Mereka dipakasa agar tetap online. Orang-orang ini tetap bebas untuk meninggalkan situs setiap saat, tetapi anehnya mereka tidak melakukannya.

Di dalam kehidupan nyata ini disebut merendahkan diri sendiri atau perilaku pencarian perhatian.

Seseorang dengan kebutuhan akan merendahkan diri atau perasaan harus terus-menerus dihukum untuk kesalahan-kesalahannya. Seperti sebuah cara dari alam bawah sadar untuk merasa bahwa dunia sedang membalas dosa-dosa mereka, atau mereka hanya begitu tidak menghargai diri sendiri sehingga mereka tidak bisa mengumpulkan energi untuk membela diri.

Jika sampai kepada tingkat ekstrem, hal itu dapat berubah menjadi Online Erotic Humiliation atau pelecehan seksual secara online, di mana pelecehan menjadi sebuah tindakan nyata. Sehingga ketika anda mengatakan kepada seseorang agar melakukan sebuah tindakan seksual, mungkin dia akan menganggap hal itu penting dan dia dengan sungguh-sungguh akan melakukannya.

Tetapi yang lebih umum adalah Online Attention Seeking Behavior atau kebiasaan mencari perhatian secara online, yang siapa pun pernah melakukannya; ibarat menghabiskan waktu jalan-jalan sore dengan seorang anak, dan si anak akan terbiasa dan terus menuntut perhatian seperti itu. Dan yang anehnya, seperti anak-anak yang menganggap bahwa kemarahan orang lain adalah juga cara memperoleh perhatian, maka ada yang beranggapan bahwa memperoleh pelecehan seksual lebih baik daripada diabaikan.

Kenapa hal itu bisa terjadi di Internet?

Jika anda berkata kepada seseorang, “Budi, pergi sana, kamu hanya bikin kacau”. Bisa saja Budi akan marah atau sebaliknya, merasa bahagia karena anda sudah menyebut namanya dan mengakui keberadaannya. Meskipun maksud anda mungkin menghinanya.

Tetapi jika anda mengetik namanya di dinding facebook anda misalnya, maka dia bisa berpikir lain. Ini bukan hanya sebuah perhatian biasa, tetapi sebuah perhatian global yang bisa dibaca ratusan bahkan ribuan orang. Anda ketik “Budi pengacau” dan dia berpikir bahwa hal ini mempopulerkannya.

Pencari perhatian mendapatkan apa yang diinginkannya, dan penghina diri sendiri mendapatkan cukup ketegangan untuk mengaktualisasikan dirinya yang intropet melalui sinyal-sinyal yang dikirimnya via keyboard.



6. Internet Asperger’s Syndrome

Seorang blogger dan pengusaha Internet, Jason Calacanis menciptakan istilah “Internet Aspeger’s Syndrome” untuk menguraikan perihal hilangnya semua aturan sosial dan empati pada diri seseorang, disebabkan tanpa alasan selain hanya secara kebetulan berhadapan dengan sebuah benda mati; berkomunikasi via papan tombol dan monitor pada suatu waktu.

Beberapa kasus bunuh diri yang direkam dengan webcam – yang sebagian mungkin main-main – dan dipublikasikan di Internet. Untuk sekarang ini mungkin kita tidak yakin bahwa hal itu benar-benar terjadi, tetapi sebenarnya hanya masalah waktu. Begitu juga dengan gambar-gambar penyiksaan, penganiayaan dan kekerasan yang dilakukan oleh beberapa orang anak didik terhadap temannya di sebuah akademi itu.

Di dalam kehidupan nyata ini disebut Asperger’s Syndrome.

Hal ini jarang didiagose tetapi sering kali diklaim bahwa sindrom ini adalah bentuk halus dari autisme yang tampak berupa ketidakmampuan biologi untuk menunjukkan empati kepada manusia lain, mungkin disebabkan ketidakmampuan untuk mengenali isyarat nonverbal. Mereka secara terus-menerus bertingkah aneh dan mengganggu disebabkan mereka tidak mengetahui bahwa anda terganggu. Ada bagian dari otak mereka yang rusak.

Kenapa hal itu bisa terjadi di Internet?

Calacanis menilai bahwa orang yang melakukan semua komunikasi online mereka menampilkan perilaku Asperger karena mereka ingin memberikan kesan ada kerugian yang sama pada diri sendiri. Di dalam hal ini, ketika kemampuan melihat respon dan mimik wajah atau ekspresi nonverbal sudah hilang, begitu juga dengan empati. Maka hal yang anda beritahukan hanya kepada orang yang tidak ada, karena itu hanyalah sekelompok kata-kata pada layar. Sekelompok kata-kata kecil yang tidak berarti.

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini

http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15203&post=1 http://www.cracked.com/article_17522_6-new-personality-disorders-caused-by-internet.html

Thursday, August 27, 2009

MEMASYARAKATKAN TERAPI SPIRITUAL

Pengertian terapi spiritual adalah sebuah terapi dengan pendekatan terhadap kepercayaan yang dianut oleh klien, pendekatan ini dilakukan oleh seorang pemuka agama dengan cara memberikan pencerahan, kegiatan ini dilakukan minimal 1 kali seminggu untuk semua klien dan setiap hari untuk pasien. Terapi spiritual berbeda dengan berdoa, doa tersebut ditiupkan disebuah gelas berisi air minum kemudian meminta klien meminum air tersebut, meskipun sama - sama menggunakan sebuah perilaku dalam sebuah agama atau kepercayaan tetapi akan sangat berbeda dengan terapi spiritual.

Terapi spiritual lebih cenderung untuk menyentuh satu sisi spiritualitas manusia, mengaktifkan titik godspot dan mengembalikan klien ke sebuah kesadaran darimana dia berasal, alasan mengapa manusia diciptakan, tugas - tugas yang harus dilakukan manusia didunia, beberapa hal yang pantas dilakukan didunia, hal - hal yang tak pantas dilakukan didunia, mengembalikan manusia ke kesucian, mengembalikan sebuah kertas yang berisikan tulisan tinta kembali menjadi selembar kertas putih.

Terapi spiritual dalam bentuk massal dilakukan disebuah ruangan tertentu, pembicara yang sudah menguasai komunikasi terapeutik memberikan pencerahan tentang hakekat mengapa manusia diciptakan, mengenalkan tujuan manusia diciptakan dll, pencerahan - pencerahan ini bertujuan mengurangi manusia terhadap keinginan dan memprioritaskan kebutuhan, meskipun kebutuhan bagi setiap orang itu berbeda tetapi minimal dengan mengetahui kebutuhan dasar manusia maka terapi ini akan membantu manusia kembali ke kesadaran awal.

Terapi spiritual juga bisa dilakukan dalam bentuk bimbingan individu, terapi dilakukan oleh satu perawat dengan satu pasien, perawat membacakan sesuatu yang harus ditirukan oleh klien kemudian perawat meminta klien membaca bacaan tertentu sebanyak beberapa kali, selain itu membimbing klien dalam proses ibadah, meski mengalami gangguan jiwa beberapa klien masih memiliki satu kesadaran terkait dengan spiritualitas.

Memasyarakatkan terapi spiritual bertujuan menreduksi lamanya waktu perawatan klien gangguan jiwa, memperkuat mentalitas dan memperkuat konsep diri klien, seorang penderita gangguan jiwa berasal dari persepsi yang salah terkait dengan dirinya, orang lain dan lingkungan, dengan terapi spiritual maka klien akan dikembalikan persepsinya terkait dengan dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan.

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini

Tuesday, August 18, 2009

MEMBACA KARAKTER ORANG

Postingan kali ini akan membahas tentang cara membaca karakter seseorang, menebak apa yang sedang dia pikirkan, menebak apa yang sedang membuatnya bermasalah, menebak masa lalunya, menebak apakah dia tulus atau tidak ketika sedang melakukan sesuatu, ilmu ini bukan ilmu paranormal yang menggunakan indra keenam, ilmu ini adalah ilmu tentang perilaku manusia, sebuah respon non verbal yang mengkomunikasikan sebuah pesan khusus dan tugas kita adalah membaca pesan tersebut sehingga menjadi sebuah informasi yang menarik tentang pribadi seseorang.

Pertama : anda harus mengumpulkan beberapa data dan fakta terkait dengan orang yang bersangkutan, mengapa harus mengumpulkan fakta dan data? karena ilmu membaca perilaku bukan sebuah ilmu siluman tetapi ilmu logis, kita bisa menarik kesimpulan dari sebuah kejadian saat ini berdasarkan kumpulan kejadian di masa lalu, karena ilmu ini adalah ilmu analisa perilaku maka bekal dasar yang harus diperkuat adalah psikologi perkembangan, ilmu perilaku manusia dll.

Kedua : Tentukan orang yang akan anda tebak karakternya, lihat urutan dalam kelahirannya. Seorang anak bungsu memiliki sifat dan karakteristik manja, egois, mudah ngambek dengan stimulus rendah, cenderung tergantung dengan orang lain, anak sulung cenderung mandiri karena ketika dia memiliki adik secara psikologis dia sudah mengalami sibling rivalry atau persaingan dengan saudara kandung, bahkan mereka sudah sangat mapan menerima kasih sayang yang tidak berlebih seperti ketika mereka belum memiliki adik. Anak tengah memiliki karakteristik lebih stabil, mereka siap dikalahkan oleh kakaknya dan mengalah untuk adiknya.

Ketiga : amati ekpresi wajah dan beberapa perubahan non verbal yang muncul dalam interaksi, seseorang yang menyembunyikan masalah cenderung lambat menerima atau menangkap sebuah pesan, bahkan ketika mereka mengatakan bahwa mereka "tidak apa - apa" sebenarnya mereka menyembunyikan masalah yang mereka miliki, mulut mereka bisa berbohong tetapi respon non verbal mereka menunjukkan sebuah informasi yang berbeda antara apa yang ada di hati dan pikiran mereka dengan apa yang mereka ucapkan, amati kecepatan perubahan ekspresi wajah mereka, amati kecemasan atau perubahan non verbal mereka ketika berbicara, jika mereka berbohong maka mereka menghindari kontak mata.

Keempat : Baca bahasa tubuh atau body language, bahasa - bahasa verbal negatif yang mungkin muncul, tatapan mata, bahkan beberapa kode dengan jari yang menunjukkan ketidaktertarikan maupun ketidakberminatan. Ketika seseorang tidak tertarik untuk berkomunikasi maka mereka akan melakukan sebuah respon non verbal dari mengalihkan pandangan, menundukkan kepala, menatap ke tempat lain, menguap, respon non verbal gelisah dll.

Kelima : masa lalu seseorang dapat terbaca dari apa yang dia lakukan atau dia tunjukkan saat ini, seorang anak yang dibesarkan dengan kasih sayang yang penuh, jauh dari kekerasan maka mereka akan cenderung menghindari kekerasan, seorang anak yang dibesarkan dengan cara otoriter maupun cara dominasi orang tua menjadi orang yang takut melakukan segala sesuatu, takut memulai sesuatu, takut melakukan kesalahan, seorang anak yang dibesarkan dengan cara permisif cenderung bertingkah laku arogan dan sewenang - wenang karena mereka tidak pernah mendapatkan teguran terhadap apa yang mereka lakukan, jika mereka menjadi pemimpin maka mereka akan memimpin dengan tangan besi, memimpin dengan sekehendak hati dan tidak memperdulikan perasaan orang lain.

Keenam : Perilaku manusia mampu terbaca dari keluhan - keluhan yang dia sampaikan lewat ucapan secara tidak sengaja maupun tidak sadar, seseorang mengeluh sesuatu karena hal tersebut yang mengganggu pikirannya, dengan mendengarkan keluhan seseorang maka kita akan mampu membaca apa yang sedang terjadi dengan seseorang, apa yang akan dia lakukan dll, dengan membaca karakter orang maka kita bisa menurunkan angka kejadian bunuh diri bahkan deteksi dini gangguan jiwa. Semoga akan ada pakar perilaku manusia yang mengeluarkan teori cara membaca karakter seseorang.

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini

Monday, August 17, 2009

MENJADI BLOGGER SEHAT JIWA

Menjadi seorang blogger membantu sehat jiwa. Argumen yang sangat menarik bukan? mengapa menjadi seorang blogger bisa sehat jiwa? Blogger atau seorang penulis didunia maya cenderung melepaskan semua hal yang ada di hati dan pikirannya lewat tulisan, ketika mereka merasa memiliki suatu masalah maka mereka akan men share masalah yang mereka miliki ke beberapa pembaca di dunia maya, lewat postingan dalam bentuk curhat langsung, berbentuk puisi, berbentuk cerita pihak ketiga maupun dengan membuat cerita mereka dalam bentuk cerpen. Keuntungan menjadi bertambah karena tulisan curhat mereka mendatangkan traffic, beberapa orang meninggalkan komentar di postingan, beberapa mengirim kalimat motivasi lewat Facebook, lewat email bahkan lewat sms.

Beberapa kalimat motivasi, kalimat penghibur, kalimat pendukung dia baca maka mereka akan melakukan sesuatu yang positif, sebuah masalah adalah beban, beban akan menjadi ringan jika yang membawa beban jumlahnya sangat banyak. Setiap masalah yang di share khan akan membuat si penerima masalah, penerima duka cita mendapatkan sebuah support system, mendapatkan dukungan secara psikologis sehingga mereka lebih tegar, lebih kuat dan lebih ringan menanggung beban.

Ketika ibu Prita Mulyasari berurusan dengan RS OMNI maka ribuan Blogger langsung mengirimkan dukungan, dukungan secara moril maupun dukungan dalam bentuk aksi, dari penggalangan dana dll. Sebuah keluarga besar yang merasa terganggu ketika salah satu anggota keluarganya diganggu maka mereka secara kompak akan memberikan dukungan kepada anggota keluarga yang diserang. Tekanan psikologis sebesar apapun akan menjadi ringan ketika semua orang peduli, ketika semua orang memberikan empati, memberikan simpati, memberikan support. Menjadi Blogger seperti memasuki sebuah keluarga besar, kita menghormati kakak - kakak kita, menghormati saudara, menghormati tetangga dll.

Gangguan Jiwa akan menjauh dari orang yang memiliki ribuan support system, Gangguan jiwa cenderung muncul pada orang - orang anti sosial, orang - orang yang menjauhi interaksi dengan orang lain, gangguan jiwa cenderung menyerang orang - orang yang memiliki dunia sendiri dan tidak mengijinkan orang lain memasukinya. Gangguan jiwa akan menyerang para individualis, orang - orang terisolasi, orang - orang yang mensupressi masalahnya, orang - orang yang memiliki koping mekanisme yang salah.

Sebagai anggota keluarga Blogger, mari kita saling dukung, mari kita merapatkan barisan agar kita mampu berperan sebagai oposisi, blogger adalah pihak yang netral, blogger adalah pihak yang mengharapkan sesuatu berjalan dengan baik dan benar, blogger berpartisipasi dalam mengangkat derajat masyarakat, blogger berperan dalam upaya mendatangkan devisa bagi negara lewat monetisasi blog, blogger membantu edukasi massa secara GRATIS, membagikan ebook gratis, berbagi ilmu secara gratis, membantu deteksi dini teroris yang berusaha mengganggu stabilitas negara, semua harus sadar jika sampai keamanan terganggu maka ekonomi akan terganggu, jika ekonomi terganggu maka rakyat miskin lah yang paling merasakan dampaknya, secara tidak langsung teroris telah melukai hati rakyat miskin.

Postingan ini hanya sebuah coretan ringan, sebuah kepedulian kepada keadaan rakyat miskin, sebuah bentuk coretan bahwa mulai saat ini kita para Blogger ikut membantu mengangkat derajat hidup masyarakat banyak, lakukan yang kita bisa, sebarkan semua berita baik dan mulai sekarang kita lakukan PERUBAHAN kearah yang lebih baik untuk bangsa ini, kemajuan Blogger adalah kemajuan untuk bangsa ini...MERDEKA..MERDEKA..

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini

Thursday, August 13, 2009

GANGGUAN JIWA & HEDONISME

Benarkah ada kaitan antara memperturutkan hawa nafsu duniawi dengan gangguan jiwa? jika memang ada maka harus dibuat sebuah penelitian tentang pengaruh hedonisme dengan Gangguan Jiwa, hedonisme ini akan mempengaruhi perilaku manusia dalam mengkonsumsi sesuatu, dalam melakukan sesuatu, dalam memenuhi gaya hidupnya, dalam merencanakan dan mengisi kegiatan hidupnya, seorang hedonis cenderung tidak mampu mengontrol dan mengendalikan dirinya. Semua keinginannya berusaha dipenuhi, apakah keinginan tersebut melanggar hak orang lain? apakah keinginan tersebut bertentangan dengan nilai dan norma, apakah keinginan tersebut bertentangan dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Seorang hedonis menganut kepentingan "ASALKAN SEMUA KEINGINAN GUE TERCAPAI", akibat dari pemikiran ini maka mereka mengabaikan hak orang lain, mengabaikan kepentingan orang lain dan merasa MEREKA yang harus didahulukan dalam segala hal.

Apa yang membuat para hedonis ini menghalalkan segala cara untuk menggapai sesuatu, apakah cara yang mereka pakai itu melanggar agama, apakah cara yang mereka pakai merugikan orang lain yang penting kepentingan mereka tercapai, Hedonis terlalu mengagungkan kemewahan duniawi, sehingga mereka meninggalkan ukhrawi, mereka meninggalkan nilai - nilai kebenaran yang hakiki dan membuat nilai - nilai kebenaran yang menguntungkan diri dan teman - teman yang mendukung mereka.

Akibat dari memperturutkan hawa nafsu ini hati mereka menjadi hampa, mereka merasa tidak pernah bahagia, bahkan mereka menganggap bahwa kebahagiaan adalah ketika mereka menjadi yang terbaik, menjadi yang terhebat, menjadi yang paling dalam segala hal, akibatnya segala hal yang bisa membuat bahagia menurut orang lain belum mampu membuat bahagia menurut para hedonis.

Jika seseorang merasa sangat berbahagia ketika mereka dapat melakukan sebuah kegiatan bersama dengan keluarga maka para hedonis baru akan bahagia setelah mereka mendapatkan sebuah gelar, sebuah julukan YANG TER..., akibat dari keinginan yang abstrack ini, mereka tidak pernah mensyukuri sebuah pemberian, mereka tidak mau menikmati setiap kenikmatan hidup karena keinginan menjadi YANG TER... itu belum terpenuhi.

Gangguan jiwa siap mengancam para hedonis, karena jiwa yang stabil adalah jiwa yang mengenal dirinya sendiri, mengenal orang lain, mengenal lingkungan dan mengenal kehidupan, tanpa sebuah konsep yang benar tentang kehidupan maka kehidupan akan dimaknai secara berbeda, kehidupan akan menjadi sebuah ajang perlombaan, kehidupan menjadi sebuah kompetisi untuk mengungguli orang lain dalam berbagai hal, Waham Kebesaran, Isolasi Sosial, Harga Diri Rendah, Halusinasi bisa muncul akibat dari ketidakmampuan menerima diri dan beberapa situasi yang berada diluar KEINGINAN tersebut.

Sehat jiwa adalah penerimaan menjalani kehidupan sesuai peran, penerimaan terhadap semua ketentuan yang berlaku dan penerimaan terhadap semua skenario dalam kehidupan yang tersaji didepan mata, Sehat jiwa adalah sebuah perjalanan panjang kedewasaan psikologis untuk mencapai tataran nyaman secara psikologis. Semua masalah berawal dari pikiran, jika merasa memiliki masalah maka lepaskan masalah dari genggaman. Lepaskan semua keserakahan, lepaskan semua rencana untuk menyakiti orang lain, lepaskan semua keinginan jahat untuk melanggar hak orang lain, kembali ke jalan yang benar, kembali ke fitrah manusia sebagai Pengabdi bagi sang PENCIPTA..

Sehat jiwa adalah kombinasi fisik, psikologis, sosial dan spiritual, mencapai kesehatan jiwa adalah kunci menggapai kebahagiaan, jika anda bisa menerima semua cerita kehidupan sebagai sebuah bagian utuh dari Novel bernama kehidupan maka semua hal dalam kehidupan akan membawa anda ke sebuah muara, sebuah tempat dimana kita menyadarai DARI MANA KITA BERASAL DAN KEMANA KITA AKAN KEMBALI..

Sunday, August 9, 2009

MENTALITAS MANUSIA

Dalam pengkajian keperawatan jiwa maka akan dikenal dua tipe data, data subyektif dan data obyektif, data subyektif adalah segala respon verbal yang diucapkan klien, respon verbal yang diungkapkan oleh keluarga, data ini tidak dapat dukur karena respon verbal manusia tidak dapat diukur tingkat kedalamannya. Respon verbal ini dapat terungkap saat pengkajian di Ruang IGD maupun saat pengkajian di Ruang perawatan. Perbedaan mendasar antara keluhan yang muncul di IGD, UPI dan ruang perawatan adalah kondisi klien, klien masuk lewat IGD dalam kondisi masih labil, masih sering berbicara sendiri, jika klien memiliki riwayat perilaku kekerasan maka berpotensi untuk agresive.

Data kedua adalah data obyektif, dapat diamati, dapat diukur dan memiliki kekuatan informasi. Contoh data obyektif adalah Tekanan Darah, Tekanan Darah memiliki nilai yang dapat diukur dan diamati, data obyektif memiliki kekuatan untuk menegakkan sebuah diagnosa, data obyektif lain adalah nilai laboratorium, pemeriksaan diagnostik seperti CT Scan, EKG dll. Dengan menggabungkan kedua jenis data ini maka diagnosa yang ditegakkan akan menjadi kuat, semakin lengkap data, semakin banyak informasi yang tergali maka semakin baik intervensi yang dapat diterapkan.

Dalam mengkaji klien gangguan jiwa maka kita bisa menarik sebuah garis psikopatologis, seseorang mengalami gangguan jiwa karena kegagalan mekanisme koping terhadap stress, dengan mengetahui penyebab kegagalan mekanisme koping dan jenis stressor maka mampu dianalisa psikodinamika nya. Seseorang mengalami gangguan jiwa karena multifaktor. Kerusakan system syaraf atau karena kegagalan menahan stressor, stressor memberikan tekanan yang sangat besar terhadap manusia. Ada 4 karakter manusia dalam menghadapi stressor :
  1. Kayu : setiap menghadapi tekanan yang sangat keras, langsung hancur bahkan patah, mentalitas kayu ini membuat stressor yang sangat minimal dengan intensitas rendah saja sudah mampu melumpuhkan orang - orang bermental kayu ini, ego mechanisme defence nya sangat lemah sehingga mudah jatuh dalam tekanan psikologis.
  2. Besi : satu tingkat diatas kayu, stressor yang berat baru mampu memberikan tekanan psikologis, besi memiliki kelebihan dalam menahan tekanan, tetapi besi memiliki kelemahan dalam menghadapi masalah, semakin lama stressor memberikan tekanan maka lama - kelamaan besi akan bengkok, jika psikologis mendapat tekanan dalam intensitas lama maka akan mengalami gangguan jiwa.
  3. Kapas : satu tingkat diatas besi, setiap menghadapi tekanan maka dia akan mengikuti kemana tekanan tersebut mengarah dan kembali pulih setelah tekanan itu berhenti memberikan tekanan, stressor yang berat dan intensitas lama belum cukup untuk membuat seseorang yang bermental kapas mengalami gangguan jiwa, ibarat air mereka mampu meredam masalah dan stressor dengan manuver yang sangat bijak, karena fleksibilitasnya ini maka stressor justru membuat ego mechanisme defence nya menjadi semakin kuat, secara mental mereka cenderung stabil.
  4. Bola : Karakter mental terkuat, stressor justru membuat mereka tertantang, hambatan dan kelemahan bukan membuat mereka jatuh atau mundur justru membuat mereka bangkit dan melakukan manuver lebih hebat dan menciptakan perubahan besar, karakter bola ini memiliki kecenderungan menjadi orang besar karena satu tekanan kecil justru membuat mereka melompat lebih maju, lebih hebat dan lebih bersemangat menjalani hidup.
Kembali ke anda apakah akan menjadi mental kayu, besi, kapas atau bola, dengan mengenal keempat karakter mental tersebut maka minimal anda mampu melakukan perubahan status mental menjadi Bola, tekanan bukan membuat kita jatuh tetapi membuat kita melompat semakin tinggi. Semakin tinggi lompatan yang kita buat maka semakin besar tekanan yang siap - siap di hadapi, semakin kuat status mental maka kebahagiaan hidup sudah mengulurkan tangannya untuk menyambut anda kedalam pelukannya..

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini

Thursday, August 6, 2009

REALISTIS MENETAPKAN TUJUAN

Ketika selesai membaca sebuah buku motivasi maka yang muncul dalam benak kita adalah keinginan untuk meniru atau minimal mempraktekkan apa yang ada dalam buku tersebut, bagaimana jika buku tersebut berjudul Marketing Revolution dari sang Mahaguru Marketing Tung Desem Waringin? Finansial Revolution by Tung Desem Waringin, bahkan 10 Wisdom by Andrie Wongso, Cashflow Quadrant by Robert Tiyosaki, Rich Dad Poor Dad by Robert Tiyosaki, How to Influence People by Dale Carnegie.

Membaca sebuah buku, sebuah materi, sebuah pengetahuan memang memberi wawasan dan tambahan tersendiri kepada kita, bagaimana jika pengetahuan tersebut awam bagi kita? Halusinasi Digital, Konflik Digital, Cybercrime, Cyberlaw, Hacker, Cracker...wah kok banyak banget dan memusingkan..

Belajar adalah sebuah proses transformasi dari kondisi Zero to be Hero, dari Nothing to be Something, agar mampu melakukan perubahan maka salah satu tahap dalam belajar adalah menetapkan sebuah tujuan, tanpa penetapan tujuan maka kita akan berjalan tanpa arah, menjalani aktivitas kehidupan tanpa arah, semua kegiatan dilakukan tanpa sebuah hasil yang efektif maupun efisien.

Bagaimana agar tujuan hidup kita realistis? tentu saja dengan menetapkan beberapa kriteria ;
  1. Spesifik : salah satu pencapaian dimasa depan adalah keberhasilan saat ini, lebih baik menetapkan tujuan untuk selalu berbuat baik sesuai dengan kata hati manusia, menurut Ary Ginanjar Sebastian dalam ESQ bahwa hati manusia cenderung bersih, dosa yang membuat hati manusia menjadi kotor. jika kita menetapkan sebuah tujuan duniawi maka kita akan kehilangan ukhrawi, jika kita menetapkan tujuan ukhrawi maka kita akan mendapatkan kebahagiaan ukhrawi dan duniawi.
  2. Terukur : kebahagiaan sejati dapat diukur dengan kebebasan kita dari rasa takut, bebas dari tekanan, bebas dari berbagai hal yang mengkhawatirkan, apakah manusia perlu mencemaskan kematian? TIDAK, manusia perlu mencemaskan apakah bekal yang dibawa menjelang kematian memang sudah banyak minimal cukup. Ukur kehidupan saat ini dengan pertimbangan spiritualitas, jika kehidupan dunia mampu memalingkan wajah kita dari hadapan sang pencipta maka kebahagiaan akan menjauh.
  3. Dapat dicapai : menetapkan tujuan sebagai seorang pemimpin negara, memanggul amanah yang sangat berat, ketenaran, popularitas diiringi dengan tanggungjawab yang besar, jika masyarakat yang dipimpinnya menjadi buruk maka dia akan dimintai pertanggungjawaban, jika masyarakat yang dia pimpin menjadi baik maka dia akan mendapatkan balasan kebaikan yang belipat - lipat, kepatuhan dari anak buah, kepatuhan dari masyarakat yang dipimpinnya, penghormatan dari lawan bahkan respect dari musuh bebuyutan, seorang pemimpin besar tidak pernah mencari musuh, mereka mendapat musuh dari orang yang berkeinginan mengambil alih kekuasaan yang dia dapatkan atau yang dia miliki. Sebagai contoh : Ketika Raja Sparta Leonidas berkuasa maka salah satu orang Sparta yang mengincar posisi Raja Sparta membiarkan Leonidas beserta 300 Pasukannya dibiarkan menghadapi 10.000 pasukan Persia.
  4. Realistik : setiap orang ingin sukses, setiap orang ingin terlihat berhasil, pada intinya menurut Dale Carnegie setiap orang ingin terlihat PENTING, cara menjadi penting ini yang terkadang tidak realistis, ada orang yang merasa penting dengan memberi uang 500 perak kepada seorang Fakir, ada orang yang merasa PENTING ketika rumahnya seperti showroom dan semua orang bisa melihat koleksi mobilnya, jika perlu semua orang bisa melihat keseluruhan perabot yang dia miliki, apakah dengan cara - cara tersebut kita akan terlihat PENTING? jawabannya TIDAK, kita terlihat penting dengan cara MEMBANTU SEMAKIN BANYAK ORANG, jika orang yang merasakan manfaat keberadaan kita, yang merasa nyaman ketika kita ada maka kita bisa merasa bahwa kita terlihat PENTING di mata orang lain, terlihat penting bukan dalam wujud terlihat WAH atau pamer kemewahan, terlihat penting dengan menjadi SURITAULADAN bagi orang lain, ketika tutur kata kita ditunggu karena mengajak kebaikan, perilaku kita di contoh karena menuntun ke kebaikan. Tetapkan sebuah tujuan Mulia sejak sekarang, yang realistis tapi memang aplikatif, contoh : setiap bulan menyisihkan 5000 rupiah untuk diberikan ke pengemis atau fakir miskin.
  5. Time Bound : manusia tidak mampu menetapkan kapan waktu berakhir dan berawal, rencanakan waktu sedetail mungkin agar ketika waktu yang diberikan tuhan telah terlewati kita tidak menyesali yang terlewat tersebut, contoh : ketika anak - anak tidak puas dalam bermain maka pola bermain ini akan terbawa sampai dewasa bahkan Lansia...
Beberapa hal diatas sebenarnya bermuara pada satu hal, BERBUAT BAIK LAH SEJAK SAAT INI!, kita tidak tahu dengan rahasia tuhan terkait umur maupun terkait kematian, jangan kotori kehidupan dengan fenomena hedonis dan duniawi, hedonis duniawi hanyalah kenikmatan semu yang tidak dapat dirasakan kebahagiaannya didalam hati, untuk bisa merasakan kebahagiaan sejati, PERTAJAM MATA HATI..

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini

Monday, August 3, 2009

MENDAPAT PENGHASILAN DARI PROMOSI CD KEPERAWATAN

Apakah selama ini anda mengalami kesulitan mencari materi keperawatan? apakah anda merasa keberatan untuk membeli buku - buku keperawatan dengan harga rata - rata diatas 25 ribu? jika anda memang berkeinginan untuk belajar keperawatan dengan materi berkualitas tapi biaya hemat mengapa tidak mencoba kumpulan materi keperawatan dalam bentuk CD yang ditawarkan oleh sebuah website, alamatnya disini.

Apa keuntungan yang ditawarkan CD ini?
1. Kita mendapatkan banyak materi keperawatan hanya seharga 20 ribu rupiah
2. Kita mendapatkan kumpulan ebook berkualitas tanpa harus melakukan penambahan biaya
3. Materi dalam bentuk CD dapat dibawa kemana - mana, jika kita butuh tinggal cetak

Saran dari pengelola website agar kita melakukan pembelian secara kolektif minimal 10 orang untuk menurunkan biaya pengiriman, bahkan jika ongkos kirimnya dibawah biaya kolektif pengiriman maka sisa dari biaya kolektif dikurangi ongkos kirim tersebut akan dikonversi dengan gift atau souvenir berbentuk T Shirt dari merk terkenal, satu tawaran yang sangat menggiurkan bukan?

Pengelola website memang tidak bertujuan untuk mengkomersialisasikan materi keperawatan, biaya yang kita bayarkan digunakan untuk pembelian 2 buah CD blank, pembelian Tempat CD, pembelian label CD, pembelian Cover CD dan biaya burning, biaya burning disini adalah ongkos sewa listrik dari PLN karena untuk melakukan burning komputer harus dicolokkan ke listrik.

Jika pembaca atau siapapun ada yang berminat dengan tawaran dari website diatas, silahkan kunjungi dan dapatkan 2 keping CD seharga 1 keping CD, murah, bermanfaat dan berkualitas, semoga saja akan banyak website yang mau menawarkan materi keperawatan murah seperti ini, hasilnya kita sebagai konsumen akan diuntungkan dengan harga hemat tapi dapat banyak manfaat.

Jika kemudian anda menemukan manfaat atau keuntungan dari isi CD tersebut maka ajak orang lain untuk membeli CD tersebut, jika anda mampu mengajak 20 orang membeli CD maka anda akan mendapatkan sebuah CD multimedia video tentang fisiologis manusia, atau jika anda menghendaki maka uang 50 ribu akan ditransferkan ke rekening anda, bagaimana cara menjadi referal? setiap orang yang anda ajak harus mengirimkan keterangan darimana mereka mendapatkan info tentang materi tersebut. Gunakan Kode yang anda pilih sebagai kode referal, daftarkan kode referal tersebut ke alamat website diatas. Dapat ilmu, dapat penghasilan tanpa membutuhkan modal, cukup membutuhkan kemampuan untuk membujuk.

Sunday, August 2, 2009

ANAK YANG SERING DIMARAHI

Seorang ibu muda bangga ketika anaknya sudah tidak lagi mengalami sibling rivalry, ketika anak pertamanya mampu mengasuh adiknya, sang ibu ini sangat bangga dengan kepatuhan anaknya, anak pertamanya memang sangat patuh bahkan cenderung pasiv. Setiap ibunya menatap dengan tatapan tajam sang anak langsung mundur dari berbagai aktivitas dan segera memilih menghentikan aktivitas, sebuah perilaku yang menyenangkan menurut ibu muda tersebut tetapi belum tentu baik menurut Kesehatan Jiwa.

Pola asuh orang tua berpengaruh dalam perkembangan psikologis anak, seorang anak yang terlalu sering dibentak, seorang anak yang terlalu patuh dan penurut memiliki potensi untuk menjadi penderita Harga Diri Rendah, mengapa seorang anak yang diasuh dengan cara kasar tersebut mengalami Harga Diri Rendah? karena anak tidak pernah mendapatkan reward terhadap apa yang telah ia lakukan. Akibat anak tidak mendapatkan reward maka dia akan merasa tidak berharga, merasa selalu salah, merasa tidak memiliki kelebihan dan merasa tidak memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan.

Pola asuh orang tua yang salah justru membuat kebanggaan anak terhadap dirinya menjadi runtuh, anak menjadi sangat tergantung dengan orang lain, kehilangan kemampuan untuk membuat keputusan sendiri dan cenderung ragu - ragu dengan apa yang akan dia lakukan, tanpa dukungan dari orang tua secara penuh maka anak menjadi sangat pasiv, kemampuan yang sangat sederhana yang dia miliki tidak akan dia keluarkan.

Pola asuh yang sangat keras bahkan bisa meninggalkan satu dampak psikologis buruk anak di masa depan, jika mereka kemudian menanamkan mindset yang salah tersebut kedalam benaknya dan menganggap bahwa diri mereka tidak berharga maka anak akan menjadi menjauh dari interaksi sosial, orang tua yang belum menyadari pengaruh pola asuh terhadap perkembangan psikologisnya cenderung membuat anak gagal di masa depannya, mereka gagal memahami diri, gagal memahami orang lain dan menurunkan impian bahkan visi hidupnya ke taraf yang paling rendah.

Ingin mendapatkan penghasilan dari Promosi CD keperawatan? tanpa modal, cukup memaksimalkan ilmu marketing dan promosi via facebook, friendster maupun twitter. Saatnya Internet sebagai ajang mendapatkan pemasukan tambahan caranya disini