Pages

Sunday, February 15, 2009

HALUSINASI ATAU INDRA KE ENAM

Pengertian

Pencerapan panca indra tanpa rangsang dari luar(Maramis, 1998).
Penghayatan yang dialami seperti suatu persepsi melalui panca indera tanpa stimulus eksternal; persepsi palsu (Lubis, 1993).
Distorsi persepsi yang muncul dari berbagai indera (Stuart & Laraia, 2001)

Jenis Halusinasi
Halusinasi pendengaran (70%)
Halusinasi penglihatan (20%)
Halusinasi penghidu
Halusinasi pengecapan
Halusinasi perabaan 10%
Halusinasi kinestetik
Halusinasi cenestetik

Untuk asuhan keperawatan halusinasi yang lengkap silahkan download di sini http://www.ziddu.com/download/3537469/ASKEPHALUSINASI.ppt.html

Contoh kasus

John Nash seorang pemenang nobel tahun 1994 adalah seorang penderita halusinasi, dalam halusinasinya John Nash merasa memiliki teman sekamar, memiliki seorang keponakan dan juga dia merasa terlibat dalam sebuah agenda militer, dalam pikiran John Nash dia merasa menemukan beberapa rumus ekonomi, dia di ajak ke markas tentara, dikejar - kejar para militer dan mobilnya ditembaki.

Dalam film tersebut digambarkan apa yang menyebabkan seseorang mengalami halusinasi, beberapa pakar fisiologi mengatakan karena gangguan neurotransmitter yang disebut dengan serotonin dan dopamin yang berperan dalam kejadian gangguan jiwa, bahkan secara genetis jika kedua orang tuanya mengalami gangguan jiwa maka berpeluang 35 %, dalam film Beautiful Mind disebutkan bahwa kesendirian, antisosial, jarang bergaul, sering berkhayal ikut mendukung kemunculan halusinasi, kalo halusinasi ini mengganggu maka pasien berpotensi melakukan perusakan terhadap benda - benda disekitarnya maupun mencederai orang lain.

Halusinasi muncul pada orang - orang yang menghindari kontak sosial, hidup di dunianya sendiri dan orang - orang yang mencoba mencari kenyamanan dalam sebuah alam non realistik yang sengaja diciptakan untuk membuatnya tetap hidup, bahkan jika dia sudah menyakini bahwa halusinasi tersebut adalah sebuah realita maka penyembuhannnya akan menjadi semakin lama, bahkan setelah terapi sekalipun halusinasi masih berpeluang muncul.

3 comments :

  1. hallo bang.. apa kabar nich... he.h.e. nge-blog juga ternyata.. nggak lupa khan..

    ReplyDelete
  2. Kalo dari nickname nya gak lupa, siapa sih Putra Pendawa yang paling besar...tulisan - tulisannya mas Yudhis khan sudah akrab banget dimata saya..

    ReplyDelete
  3. Indra keenam telah lama diteliti oleh para ilmuwan silahkan mampir disini;
    http://www.bakatsuper.com/2016/05/terbukti-indra-keenam-itu-nyata.html

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.