Pages

Monday, May 25, 2009

Faktor penyebab Bunuh Diri pada Penderita Kanker

Kanker adalah penyakit terminal yang membuat penderitanya mengalami hopelessness (sebuah perasaan kehilangan harapan), hopelessness ini yang terkadang membuat penderita penyakit kanker kemudian melakukan suatu perbuatan atau perilaku dengan harapan dia segera terbebas dari derita sakitnya.


Kanker memberikan beberapa dampak ke penderitanya, dampak fisik, dampak psikologis, dampak sosial dan dampak spiritual. Akibat dari kanker secara psikologis diantaranya :


  1. Depresi dan putus asa

Perasaan tertekan oleh stressor membuat seseorang merasa kehilangan kesempatan dan kehilangan peluang untuk menatap masa depan yang lebih baik, depresi berasal dari persepsi negatif seseorang terhadap masalahnya tersebut sehingga dia merasa bahwa masalahnya tersebut tidak mampu dipecahkan.


  1. Nyeri yang tidak terkendali baik

Salah satu gejala secara fisik yang dikeluhkan para penderita kanker adalah nyeri yang mencapai skala 8 – 9, dengan skala nyeri sangat berat maka diperlukan analgetik dosis tinggi untuk meredakan rasa nyeri pada penderita kanker.


  1. Delirium ringan (disinhibisi)

Penurunan kesadaran ringan, klien secara bertahap atau tiba – tiba mengalami penurunan kesadaran, jika sampai mengalami shock neurogenik maka klien akan mengalami penurunan kesadaran yang sangat drastis.


  1. Perasaan hilang kendali

Klien merasa bahwa dia sudah tidak mampu untuk mengontrol dan mengendalikan dirinya sendiri.


  1. Kelelahan

Klien berusaha melawan penyakitnya dan akhirnya perlawanan terhadap penyakit ini menguras konsentrasi dan energinya, menurunnya selera makan membuat input berkurang, perampokan nutrisi oleh sel kanker juga memicu kelelahan, sehingga berbeda dengan atlit, kelelahan pada penderita kanker terjadi dari dalam bukan karena aktivitas fisik yang berlebih.


  1. Kecemasan

Klien merasa cemas dengan penyakitnya, dengan tipisnya harapan kesembuhan, dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan dan berbagai hal yang mencemaskan lainnya


  1. Psikopatologi yang telah ada sebelumnya (penyalahgunaan zat, patologi karakter, gangguan psikiatrik utama)

Sebelum terkena kanker pasien sudah mengalami gangguan secara psikologis.


  1. Masalah keluarga

Karena ketidakmampuan berproduksi maka keluarga menganggap klien menjadi beban kehidupan mereka, sehingga klien merasa menjadi sumber masalah bagi keluarga.


  1. Ancaman dan riwayat usaha bunuh diri sebelumnya

Jika penyakit yang diderita sudah lama maka klien kemungkinan memiliki keinginan bunuh diri sejak menderita penyakit pada tahap awal.


  1. Riwayat positif bunuh diri pada keluarga

Ada salah satu anggota keluarga yang pernah melakukan bunuh diri.


  1. Faktor risiko lain yang biasanya digambarkan pada pasien psikiatrik

Pasien psikiatrik terkadang mengalami sebuah goncangan kejiwaan, gangguan sosialisasi dan beberapa hal lain yang membuat mereka akhirnya memutuskan diri untuk melakukan bunuh diri.


Akankah kita tidak perduli pada penderita kanker jika mengetahui bahwa peluang mereka untuk melakukan bunuh diri lebih tinggi dari penderita penyakit lainnya? Kepedulian kita mampu mereduksi masalah dan depresi mereka.

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.