Pages

Monday, May 18, 2009

TOKOH JIWA DUNIA : SIGMUND FREUD

Sigmund Freud lahir pada 6 Mei 1856 di kota Freiberg yang kini terletak di Cekoslowakia tetapi tadinya termasuk wilayah Kerajaan Austria. Tatkala dia berumur empat tahun, keluarganya pindah ke Wina dan di situlah dia menghabiskan hampir seluruh hidupnya. Freud seorang mahasiswa yang berprestasi di sekolahnya, meraih gelar sarjana kedokteran dari Universitas Wina tahun 1881. Selama sepuluh tahun berikutnya dia melakukan penyelidikan mendalam di bidang psikologi, membentuk staf klinik psikiatri, melakukan praktek pribadi di bidang neurologi, bekerja di Paris bersama neurolog Perancis kenamaan Jean Charcot dan juga bersama dokter Josef Breuer orang Wina.

Ia adalah seorang neurology yang mendirikan aliran psikoanalisis dalam psikologi. Psikoanalisis adalah gerakan yang memopulerkan teori bahwa motif tak sadar mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu, ia memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalnya dirasakan manusia semenjak kecil dari ibunya.

Pengalaman seksual dari ibu, seperti menyusui, mengalami perkembangan atau tersublimasi hingga memunculkan berbagai perilaku lain yang disesuaikan dengan aturan norma masyarakat atau norma ayah. Salah satu kolega Freud, Alferd Adler, mengungkapkan adanya insting mati di dalam diri manusia. Awalnya Freud menolak pernyataan dari Adler ini. Tetapi pada akhirnya Freud menerima ketika hasrat seksualitas disandingkan dengan insting mati (thanatos).

Freud tertarik dan belajar hipnosis di Prancis. Ia menggunakan ilmu itu untuk membantu penderita penyakit mental. Freud kemudian meninggalkan hipnosis setelah berhasil menggunakan metode baru untuk menyembuhkan penderita tekanan psikologis, yaitu asosiasi bebas dan analisis mimpi.

Teori-teori Freud dan caranya mengobati pasien menimbulkan kontroversi di Wina abad ke-19. Teori dan cara kerjanya juga masih diperdebatkan hingga kini. Gagasan Freud di bidang psikologi berkembang tingkat demi tingkat. Baru pada tahun 1895 buku pertamanya yang berisi Penyelidikan tentang Histeria terbit, tulisan tersebut adalah hasil kerja samanya dengan Breuer. Buku Freud berikutnya adalah Tafsir Mimpi yang terbit pada tahun 1900. Buku ini merupakan salah satu karyanya yang paling orisinal dan sekaligus paling penting, meski pasar penjualannya lambat pada awalnya, tetapi melambungkan nama harumnya. Sesudah itu berhamburan keluar karya-karyanya yang penting-penting, dan pada tahun 1908 tatkala Freud memberi serangkaian ceramah di Amerika Serikat, Freud sudah jadi orang yang betul-betul terkenal. Di tahun 1902 dia mengorganisir kelompok diskusi masalah psikologi di Wina. Salah seorang anggota pertama yang menggabungkan diri adalah Alfred Adler, dan beberapa tahun kemudian ikut pula Carl Yung. Kedua orang itu akhirnya juga menjadi jagoan ilmu psikologi lewat upaya mereka sendiri.

Freud Menikah dan memiliki enam orang anak. Pada saat-saat akhir hidupnya dia terkena serangan kanker pada tulang rahangnya, sejak tahun 1923 dia mengalami pembedahan lebih dari tiga puluh kali dalam rangka memulihkan kondisinya. Meski begitu,dia tetap menemukan kerja dan beberapa karya penting bermunculan pada tahun-tahun berikutnya. Di tahun 1938 Nazi menduduki Austria dan Sigmund Freud yang sudah berusia 82 tahun karena keturunan Yahudi dipaksa pergi ke London dan meninggal dunia di London pada tahun 1939.

Beberapa pemikiran Freud dalam bidang teori psikologi begitu luas daya jangkauannya sehingga sulit untuk disingkat. Dia menekankan arti penting yang besar mengenai proses bawah sadar sikap manusia. Dia menunjukkan betapa proses itu mempengaruhi isi mimpi dan menyebabkan pembicaraan yang tidak tepat, salah sebut, lupa terhadap nama-nama dan juga menyebabkan diri menderita karena kesalahan dalam membentuk proses pikir yang benar.

Freud mengembangkan teknik psikoanalisa sebagai suatu metode penyembuhan penyakit kejiwaan, dan dia merumuskan teori tentang struktur pribadi manusia dan dia juga yang mengembangkan atau mempopulerkan teori psikologi yang bersangkutan dengan rasa cemas, mekanisme mempertahankan diri, ihwal khitan, perasaan tertekan, sublimasi dan banyak lagi. Tulisan-tulisannya menggugah kegairahan bidang teori psikologi. Banyak gagasannya yang kontroversial sehingga memancing perdebatan sengit semenjak dilontarkan.

Freud mungkin paling terkenal dalam hal pengusulan gagasan bahwa gairah seksual yang tertekan sering menjadi penyebab penting dalam hal penyakit jiwa atau neurosis. Dia juga menunjukkan bahwa gairah seksual dan nafsu seksual bermula pada saat masa kanak-kanak dan bukannya pada saat dewasa.

Karena banyaknya ide dan gagasan Freud yang masih bertentangan satu sama lain, orang - orang mengalami kesulitan untuk mencatatnya dalam sejarah Dia merupakan pelopor serta penggali, dengan bakat serta kecerdasan luar biasa yang menghasilkan berbagai gagasan. Tetapi, teori-teori Freud tidak pernah berhasil memperoleh kesepakatan dari masyarakat ilmuwan dan terlalu sulit untuk mengungkapkan bagian-bagian yang mana dari gagasannya yang akhirnya dapat dianggap sebagai suatu kebenaran.

Lepas dari pertentangan yang berkelanjutan terhadap gagasan-gagasannya, tampaknya sedikit sekali yang meragukan bahwa Freud merupakan tokoh menonjol dalam sejarah pemikiran manusia. Pendapat-pendapatnya di bidang psikologi sepenuhnya telah merevolusionerkan konsepsi kita tentang pikiran manusia, dan banyak gagasan serta istilah-istilahnya telah digunakan oleh umum-misalnya: ego, super ego, Oedipus complex dan kecenderungan hasrat mau mati.

Memang betul, psikoanalisa merupakan cara penyembuhan yang teramat mahal dan amat serius dan tidak berhasil. Tetapi,teknik itu meraih sukses-sukses besar. Para psikolog di masa depan berkesimpulan bahwa keinginan seksual yang tertekan akan semakin penting peranannya dalam tingkah laku manusia daripada anggapan para penganut faham Freud. Tetapi, gairah ini sudah pasti punya saham besar dari anggapan sebagian psikolog sebelum Freud. Begitu pula, mayoritas psikolog kini yakin bahwa proses mental bawah-sadar memegang peranan yang menentukan dalam tingkah laku manusia, sesuatu hal yang diremehkan orang sebelum Freud.



dimodifikasi dari : http://media.isnet.org
source asli :
Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
Michael H. Hart, 1978
Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982
PT. Dunia Pustaka Jaya
Jln. Kramat II, No. 31A
Jakarta Pusat

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.