Pages

Friday, May 29, 2009

TIPS KEBAL GANGGUAN JIWA

Postingan kali ini bukan berbicara tentang ilmu kekebalan dari Banten yang tahan di bacok, tahan di silet, tahan di pukul dengan benda keras dll, tetapi ini adalah ketahanan mental bagaimana caranya agar kita terhindar dari stress, tekanan kehidupan yang menerpa terkadang membuat ego mechanism nya menjadi terganggu.

  1. Kita akan mengenal sedikit tentang id, ego dan super ego, kapan ketiga faktor ini harus dominan dan kapan salah satu faktor harus mengalah dan memberi kesempatan agar ketiga nya berjalan seimbang. Id memiliki kecenderungan dengan hal - hal yang bersifat real atau fisik, makan, minum, tidur dll. sedang ego berhubungan dengan psikologis atau hal - hal yang terkadang disepelekan oleh manusia, sedangkan Superego cenderung berhubungan dengan spiritual context.
  2. Bagaimana menjaga id yang baik tentu saja dengan mendengarkan stimulus dan alarm yang memang selalu dikirimkan oleh tubuh, tubuh memiliki sebuah mekanisme homeostasis untuk menjaga agar tubuh selalu dalam keadaan seimbang, respon lapar muncul sebagai antisipasi dari sel yang mulai membutuhkan nutrisi, haus sebagai respon dari tubuh terhadap cairan yang terbuang lewat insessible water loss (kalo tulisannya salah diralat...)
  3. Ego mengirimkan sinyal dengan perubahan mood, tiba - tiba merasa tidak nyaman dengan kehadiran seseorang (orangnya cakep banget tetapi ternyata pencopet), id tentu jadi salting melihat cowok keren atau cewek cantik tetapi ego yang akan mengontrol nyaman atau tidak kita dengan dia, merasa menyenangkan atau tidak kita dengan dia, sehingga orang yang kuat dalam ego cenderung mengabaikan fisik dan merasakan sebuah hubungan dari kenyamanan yang tercipta.
  4. Super ego adalah pengontrol dari perasaan, ketika kita sedih mengapa ditinggalkan kekasih, ditolak sama orang yang disukai, di cuekin ketika ulang tahun dll maka super ego yang akan mengontrol, nilai keyakinan dan kepercayaan terhadap Causa Prima ini yang membuat semua kesulitan hidup sebagai sebuah materi kuliah yang harus dipecahkan dan dicerna.
Sekarang sumber masalah menjadi jelas, jika kita mengalami masalah secara fisik maka penuhi secara fisik, jika lapar ya makan, jika mengantuk tidur, jika haus minum, jika malu dengan bentuk tubuh berpakaian, jika masalahnya secara psikologis maka ungkapkan perasaan ke orang yang dipercaya, beri kesempatan diri menemukan aspek positif dalam diri dan beri kesempatan otak untuk melogika apakah semua yang terjadi ada korelasi atau tidak.

Jika ingin hidup tenang maka kita harus bisa memisahkan mana kebutuhan dan mana keinginan, jika terlalu banyak keinginan maka stressor menjadi besar, jika terlalu banyak kebutuhan maka tekanan hidup juga besar, rumusnya adalah PRIORITAS.., asas yang dipakai adalah TRIAGE EMERGENCY, mana yang lebih gawat jika tidak dipenuhi maka dipenuhi terlebih dahulu baru ke kebutuhan lain yang bisa ditunda.

Syarat kita bisa ikhlas menjalani hidup adalah mensyukuri yang sudah dimiliki dan tidak terlalu banyak menginginkan yang belum dimiliki, buat keinginan sebagai motivator agar kita berbuat lebih baik hari ini, jika semua bisa dijalani dengan baik maka kita sudah berupaya mereduksi stressor dengan sangat kuat.

Masih mau manyun hari ini? gak perlu...keep smile dan teruslah melakukan apa yang menyenangkan anda, buat hidup anda saat ini bermakna dan berarti karena kita tidak tahu apakah besok kita masih bisa tersenyum atau tidak, nikmati hidup saat ini juga dan rencanakan masa depan secara terstruktu dan sistematis sehingga bisa bahagia selamanya...

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.