Pages

Thursday, February 11, 2010

Insomnia adalah indikator stress

Insomnia adalah sebuah keadaan/kondisi seseorang yang kesulitan untuk memulai tidur, ada beberapa kondisi insomnia yang disebabkan oleh gangguan fisik, tapi gangguan psikis yang paling memberi peran seseorang mengalami insomnia.

Ketika seseorang memikirkan sebuah masalah maka dia telah mengaktifkan Reticular activating systemnya sehingga membuat dia terjaga, akibat yang dimunculkan berefek ganda, dia terus memikirkan masalahnya dan dia kekurangan waktu untuk tidur dan beristirahat, tidur adalah fase disc cleanup, fase disc defragment dan fase chekdisk sebuah central processor unit.

Semakin seseorang berusaha melupakan masalahnya maka RAS nya semakin aktif dan dia justru semakin terjaga, masalah, problem, konflik membutuhkan sebuah cara khusus untuk diatasi :
1. Distraksi dengan kegiatan
2. Menghibur diri
3. Self hypnosis
4. Latihan pernafasan
5. Terapi musik
6. Terapi air
7. Terapi humor

Jika ingin terbebas dari insomnia maka kenali penyebabnya dan lakukan aksi untuk mengatasi penyebab tersebut, kenali penyebabnya segera atasi insomnia anda sebelum insomnia tersebut menyebabkan gangguan secara fisik, jika anda merasa sulit untuk memulai tidur maka segera lakukan langkah-langkah diatas, dan segera nikmati kenyamanan tidur. Jika anda mampu tertidur lelap maka tubuh akan tetap fresh dan fit dalam jangka waktu lama.

1 comment :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.