Pages

Tuesday, February 2, 2010

Sakit hati or fraktur hepatika

Sakit hati jika dijabarkan oleh ahli penyakit dalam menjadi sebuah gangguan pada hepar atau biasa disebut liver, tapi ketika yang menjelaskan seorang psikolog maka jawabannya akan berbeda, sakit hati adalah nyeri psikologis yang disebabkan oleh ketidaknyamanan karena banyaknya stressor, dari stressor yang bersifat tunggal sampai stressor yang multiple, contoh sederhana dari stressor tunggal : dimarahi oleh ortu, diputus pacar, ditolak seorang cewek, diejek, dicela, difitnah, diperalat, dijebak, target tidak tercapai, dapat sms ancaman, tidak lulus ujian dll. Sedangkan untuk stressor yang multiple berarti semua stressor tunggal tersebut muncul pada saat bersamaan. Apa sih bahayanya sakit hati? Jika yang menjawab ryan sang penjagal dari jombang maka yang muncul adalah mutilasi, jika yang menjawab orang lain..jawabannya terserah yang menjawab, nah loh..

Sakit hati alias fraktur hepatika yang tidak disembuhkan maka akibat parahnya bisa mengarah ke kriminal, akibat sepelenya sih sekedar marah-marah di twitter, berkeluh kesah di facebook, menulis kisah pribadi diblog, posting thread di kaskus, atau yang paling extrim ya sms penuh emosi atau nelpon penuh emosi ke orang yang dah membuat dia sakit hati, sakit hati bisa saja muncul secara tiba-tiba tapi juga bisa muncul karena kesalahan sistemik yang kita buat (lebay dech ikut-ikutan menggunakan istilah sistemik).

Sebenarnya ada beberapa saran bijak yang mudah dan murah secara teori tapi sulit secara praktek
  1. Lepaskan genggaman, mengikhlaskan semua kejadian dan menganggap hal tersebut sebagai bagian dari kehidupan.
  2. Melakukan refleksi atau kontemplasi, menanyakan kepada diri sendiri kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan.
  3. Melihat film lucu, gambar lucu atau membaca cerita lucu.
  4. Mencari substitusi atau pengganti, ditolak cewek ya nembak cewek lain, diputus ya cari pacar baru.
  5. Melakukan distraksi, melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengalihkan perhatian dari masalah.
  6. Curhat, hati-hati curhat didunia maya! Berbahaya..curhat sama sahabat yang paling dipercaya saja.
  7. Menulis, torehkan perasaan sedihmu dalam bahasa tulisan yang baik, siapa tahu bisa jadi lirik lagu, novel, naskah film bahkan blog..he..he..

1 comment :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.