Pages

Senin, 01 Februari 2010

Kesalahan persepsi yang bikin emosi

Kesalahan persepsi yang bikin emosi berawal dari ketidakjelasan penyampaian symbol, contoh sepele : seorang suami meminta istrinya memasakkan makanan favorit, sang istri menangkap bahwa makanan favorit suaminya adalah ayam goreng (upin & ipin mode: on), ternyata sang suami mengharapkan ayam bakar, maka muncul perselisihan diantara mereka, mengapa hal sepele mampu memicu perselisihan dalam rumah tangga? Karena dua pihak memiliki sudut pandang yang berbeda. Hanya dibutuhkan sebuah komunikasi yang efektif untuk meredakan konflik akibat perbedaan persepsi tersebut. Symbol, kata-kata, ungkapan, istilah mampu membawa makna berbeda bagi siapapun yang meyakininya. Hanya dibutuhkan pemikiran terbuka untuk menjadikan sebuah perbedaan menjadi alat untuk menyamakan persepsi.

Jangan pernah secara frontal kita menyerang opini, fakta ataupun argumen yang diungkapkan oleh seseorang, karena dia akan menggunakan mekanisme pertahanan untuk membuat cover yang mampu melindungi dirinya dari serangan terhadap pemikirannya tersebut, serangan terhadap opini orang lain akan memunculkan respon, siapkah kita menghadapi respon tersebut? Atau justru kita terjerembab oleh serangan balik lawan, tidak perlu merasa paling benar, tidak perlu menjudge orang lain bahwa mereka salah, karena lebih mudah melihat kekurangan orang lain daripada melihat kelebihan mereka.

Perbedaan sudut pandang, perbedaan persepsi adalah hal wajar yang terjadi dalam sebuah interaksi, manusia sejak lahir diciptakan secara berbeda, memiliki DNA yang berbeda, pengalaman hidup yang berbeda sehingga perbedaan sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia, perbedaan persepsi bukan digunakan untuk menggiring opini publik agar mendukung kelompok A atau mendukung kelompok B, bisa saja kelompok yang memberikan tuduhan sama buruknya dengan yang menuduh, perbedaan persepsi bukan alasan logis untuk melakukan perpecahan, conflict of interest. Perbedaan adalah bagian dari demokrasi, menerima perbedaan dan persamaan sebagai satu paket utuh membuat kita mampu melihat segala hal dari sudut pandang yang lebih menyeluruh, Different is the key of teamwork, karena perbedaanlah sebuah pelangi menjadi berwarna indah, karena perbedaan pula maka dunia ini terlihat indah, karena perbedaan pula kehidupan menjadi harmoni, jika semua orang cantik, jika semua orang kaya, jika semua orang pandai betapa membosankannya kehidupan.

1 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.