Pages

Tuesday, June 2, 2009

CINTA DAN GANGGUAN JIWA

Fenomena Manohara yang dianiaya oleh suaminya telah menjadi headline di beberapa media terkenal seperti RCTI, Global TV, Trans TV dll, mengapa kejadian KDRT ini begitu menarik? pasti ada banyak dari kita yang tidak pernah menyadari bahwa pernikahan tanpa dilandasi dengan kekuatan cinta akan menjadi neraka bagi salah satu pihak, entah pertimbangan apa yang menjadi awal pernikahan tetapi melihat kejadian KDRT yang terjadi pada Manohara maka bisa sedikit disimpulkan bahwa pernikahan mereka berada dalam bungkus kerahasiaan umum, landasan pernikahan mereka sangat lemah, fondasi kepercayaan yang terbangun belum mampu menyatukan dua pribadi yang seharunya saling mengerti dan memahami ini.

Benarkah suami Manohara mengalami gangguan jiwa? jawabannya bisa beragam, bagi yang pro dengan Kerajaan Kelantan akan mengatakan bahwa tuduhan ini salah sedangkan yang pro dengan pihak Manohara akan mengatakan bahwa tuduhan ini benar, seseorang dikatakan mengalami gangguan jiwa jika secara pemeriksaan status mental memang ditemukan adanya kelainan maka baru bisa disebut bahwa tuduhan itu benar, jika secara pemeriksaan status mental tidak diketemukan adanya kelainan maka tuduhan itu salah, untuk membuat opini yang berkembang menjadi fakta perlu dilakukan pemeriksaan status mental pada suami Manohara, secara ilmu kejiwaan KDRT adalah bagian dari perilaku kekerasan, dan sudah ada undang - undang yang mengatur tentang kekerasan dalam rumah tangga ini.

Beberapa pria meyakini bahwa dia berhak melakukan apa saja pada istrinya, tetapi kata berhak melakukan apa saja disini di kondisikan dengan hubungan suami istri yang sah dan dengan tata cara yang wajar, jika kemudian hubungan suami istri dilakukan dan dijalankan dengan keterpaksaan dari salah satu pihak maka hubungan suami istri yang terjadi lepas dari landasan cinta yang menjadi fondasi dasar pembentukan sebuah hubungan.

Istri adalah belahan jiwa seorang suami, jika seorang suami menyakiti istri maka sebenarnya dia melakukan penyiksaan terhadap dirinya sendiri, benar atau tidaknya penyiksaan ini menjadi kewajiban dari aparat dan ahli hukum untuk mengurainya tetapi derita secara psikologis dari traumatik yang dialami Manohara layak menjadi pertimbangan kita semua, bisa saja apa yang terjadi dengan Manohara ada disekitar kita, ada di masyarakat kita tetapi jangan sampai terjadi di keluarga kita, Cinta seorang suami kepada istri atau sebaliknya terkadang bisa memicu beberapa gejalan gangguan jiwa, dari cemas, panik, depresi, gangguan konsep diri, isolasi sosial, bahkan yang terparah sampai Schizofrenia...akankah kita masih tidak perduli dengan tingginya KDRT di negara kita sendiri? jika bukan kita siapa lagi yang akan perduli dengan kesehatan jiwa.

Get a free trial of the best-selling body detox product. Lose weight and get healthy!

1 comment :

  1. wach ulasannnya mantap sekali mas. Salut juga untuk penembakan keyword istri gangguan jiwa, dapat di baris pertama dari Google,hehe.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.