Pages

Sunday, June 21, 2009

KEINGINAN MENJADI PENTING

Hal apa yang membuat seseorang melakukan segala sesuatu? motivasi apa yang membuat seseorang berani memanjat sebuah tembok layaknya spiderman, motivasi apa pula yang membuat dua bangsa Troy dan Sparta melakukan peperangan? motivasi apa yang membuat seseorang mau berlari sejauh 10 km, motivasi apa pula yang membuat dua orang pria mau diadu didalam ring?

Segala hal yang dilakukan orang sebenarnya bermuara pada satu hal, keinginan untuk menjadi penting, keinginan untuk kelihatan berbeda dengan orang lain, keinginan untuk menjadi yang terbaik, keinginan untuk unggul, keinginan untuk memiliki sesuatu yang orang lain akan sulit mendapatkannya..contoh : Pertempuran antara Troy dengan Sparta dimotivasi perebutan Helen antara Pangeran Paris dari Troy dengan Melenaus Raja Sparta.

Apa akibat dari kegagalan menggapai keinginan menjadi penting ini? seseorang bisa melakukan segala cara untuk menunjukkan siapa dirinya, menunjukkan kepada sekitarnya siapa dia dan siapa teman - temannya, siapa dia dan siapa orang yang berdiri dibelakangnya, akibat yang paling parah dia sudah mengabaikan aturan - aturan yang digariskan oleh Tuhan, melakukan pelanggaran terhadap hak orang lain, melakukan segala rekayasa agar kelihatan unggul dan menang dihadapan manusia, melakukan berbagai cara agar kelihatan menang meskipun dengan mengaburkan mana yang benar dan mana yang salah.

Orang - orang dengan aktualisasi diri yang belum sempurna ini kemudian melakukan klaim bahwa mereka yang paling hebat, hanya mereka yang paling unggul, hanya mereka yang paling jago dalam sesuatu atau mengklaim bahwa kemampuan mereka tidak dimiliki oleh siapapun. Mengapa orang perlu belajar tentang kejiwaan? sisi ini yang akan ditekankan..bahwa dengan mengenal dirinya, mengenal keinginannya, mengenal tujuan hidupnya, mengenal semua aturan - aturan Tuhan, mengenal keyakinan - keyakinan akan kebenaran maka seseorang akan menjadi lebih stabil menjalani kehidupan.

Kehidupan terkadang memberikan pelajaran tidak dalam bentuk kuliah atau tatap muka dikelas, kehidupan memberikan pelajaran dengan masalah, stressor yang akan membuat jiwa dan mental seseorang diasah semakin kuat dan semakin kuat, jiwa yang matang ini akan membuat seseorang menjadi lebih efektif dan lebih efisien dalam bekerja, lebih mampu bekerja dalam tim, lebih sukses dalam kehidupannya karena dia mengetahui peta kehidupannya..

Hanya dengan membenarkan konsep diri maka seseorang akan mampu membebaskan dirinya dari gangguan jiwa, hanya dengan meluruskan semua pemikiran yang ada diotaknya, meluruskan hatinya dari sifat jahat maka kehidupannya akan terjauh dari masalah. Masalah timbul ketika kita melenceng dari aturan kebaikan, ketika kita melenceng dari kebenaran dan melenceng dari keyakinan kepada sang pencipta.

Kita akan menjadi penting dengan beberapa cara :
  1. Memberi sesuatu ke orang lain
  2. Berbagi sesuatu dengan orang lain
  3. Menjaga rahasia orang lain
  4. Mengajak orang lain berbuat baik
  5. Menjaga keramahan kita dengan orang lain
  6. Membuang dendam dan kebencian dari hati kita
  7. Mengendalikan emosi
  8. Mengendalikan sikap, perilaku dan perkataan
  9. Menyapa orang lain
  10. Menghargai orang lain
  11. Memahami orang lain
  12. Membantu orang lain memaksimalkan potensi diri yang mereka miliki.
Sebenarnya masih banyak, tetapi 12 hal diatas sudah cukup untuk mewakili cara menjadi penting..

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.