Pages

Wednesday, January 20, 2010

Daya tilik diri

Apa sih yang dimaksud dengan daya tilik diri? Daya tilik diri adalah Suatu kemampuan untuk menilai diri sendiri. Apa yang harus kita nilai dari diri kita sendiri? Yang perlu dinilai adalah kelebihan dan kelemahan diri, mengapa mengenal kelebihan dan kelemahan itu penting? Karena, kesalahan dalam mengenal kelebihan dan kelemahan diri ini mampu membawa kita dalam keyakinan yang salah terhadap diri sendiri, mengapa bisa salah? Jika kita tidak merasa memiliki kelemahan maka kita akan menjadi orang sombong tapi jika kita tidak merasa memiliki kelebihan maka kita akan menjadi orang minder. Apakah mengenal kelebihan dan kelemahan diri membawa makna dalam kebahagiaan,kesuksesan dll? Jawabnya YA.

Bagaimana cara kita mengenal kelebihan dan kelemahan kita,kelebihan dan kelemahan harus dilihat secara holistik,secara menyeluruh. Ada 2 metode yg bisa dipakai,metode 1 adalah anda sendiri yang menuliskan apa kelebihan anda dan apa kelemahan anda,metode 2 anda meminta beberapa sahabat,keluarga dan orang - orang yang sangat mengenal anda untuk menuliskan kelebihan dan kelemahan anda. Kemudian hasil catatan tersebut anda bandingkan mana yang cocok dan mana yang tidak cocok.

Apa manfaat dari daya tilik diri positive? Kemampuan mengenal dan menilai diri secara positive akan mengembangkan potensi - potensi yang ada dalam diri kita,semakin baik kita mengenal diri maka semakin cepat kita berhasil. Kita akan menjadi orang yang tidak sombong dengan kelebihan dan tidak minder terhadap kelemahan.

Daya tilik diri adalah kunci kesuksesan bagi siapapun,yang sekarang merajut mimpi,yang sekarang sedang merangkai masa depan,yang sekarang sedang berjuang untuk menemukan jatidiri,maka KNOWING SELF. Semakin baik anda mengenal diri anda sendiri maka anda akan mampu untuk MENGUBAH KELEMAHAN MENJADI KELEBIHAN..bangkitnya potensi dalam diri ini yang membuat seseorang yang tadinya tidak diperhitungkan sama sekali, tiba-tiba menjadi orang yang sangat berpengaruh. Entah siapa yang kelak akan meneruskan langkah-langkah hebat tersebut..saya,anda atau siapapun..HANYA TUHAN YANG TAHU.

1 comment :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.