Pages

Monday, January 11, 2010

NERAKA ITU BERNAMA RUMAH TANGGA

Mengapa rumah tangga bisa berubah menjadi neraka? mengapa pula sebuah rumah tangga bisa membuat tidak nyaman penghuninya? Rumah tangga adalah hasil dari sebuah ikatan suci pernikahan yang dibalut dengan legalitas perkawinan. Seorang istri yang teraniaya oleh suaminya kemudian nekad melakukan mutilasi terhadap suaminya, atau seorang istri yang dihajar babak belur gara - gara menangkap basah suaminya yang sedang selingkuh, seorang suami yang dijadikan wadal oleh istrinya karena menjalani ilmu hitam, seorang anak yang dianiaya oleh ibu tirinya.

Beberapa fenomena diatas adalah fenomena yang ada disekitar kita, sehingga salah satu faktor pencetus gangguan jiwa adalah kegagalan membina hubungan rumah tangga. Rumah tangga seperti sebuah bangunan yang membutuhkan pondasi berupa komunikasi, perhatian, kasih sayang, pengertian, cinta dll. Membutuhkan perkembangan berupa pendidikan, bangunan fisik dan berbagai material yang lain. Rumah tangga adalah pintu awal seorang anak mengenal dunia, mengenal berbagai macam situasi dan mengenal berbagai macam cara mensikapi persoalan.

Komunikasi menjadi salah satu faktor peretak rumah tangga, kesalahan mempersepsikan bahasa mampu menjadi sebuah konflik interpersonal antara suami istri, tekanan psikologis karena perilaku suami yang bertentangan dengan harapan mampu membuat seorang istri menjadi tertekan atau justru sebaliknya seorang suami yang tertekan karena perilaku istri yang tidak sesuai dengan harapan, istri yang terlalu menuntut suami sehingga menstimulus suami untuk melakukan perbuatan - perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

Rumah tangga adalah sebuah bahtera atau kapal, jika nahkoda nya tidak mampu menjadi seorang pemimpin yang bijaksana maka bahtera tersebut akan dihempas gelombang sampai akhirnya bahtera tersebut tenggelam, sedangkan awak kapal atau istri adalah sosok yang mendukung kepemimpinan nahkoda, tanpa sebuah kerjasama, pembagian kewenangan dan peran, pengertian, kasih sayang, komunikasi yang efektif antara suami istri maka rumah tangga tak ubahnya produsen stressor yang akan melahirkan anak - anak jalanan yang terpaksa melarikan diri dari rumah karena tekanan psikologis yang tidak mampu mereka tanggung. Hanya dibutuhkan sebuah solusi tepat untuk membawa bahtera tersebut sampai ke tujuan dengan selamat.

3 comments :

  1. @wiwit: mantebs pak..setuju banget suami istri memang mesti kompak seia sekata agar bisa tercapai semua tujuan...oya mampir indo-trans.blogspot.com and www.blogkoe.com pak...

    ReplyDelete
  2. Rumah tangga berantakan krn pasangan berpaling? Rindu tdk terbalas? Diganggu energi negatif? Hub: 0815 6766 2467

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.