Pages

Friday, January 8, 2010

Pengaruh musik terhadap perilaku

Berbicara musik akan terasa hambar jika tidak membahas seni,membahas seni tidak akan lepas dari keindahan,keindahan ada kaitan atau korelasi dengan kebahagiaan. Sehingga mampu ditarik sebuah kesimpulan yang kira - kira "mendengarkan musik mampu membuat beberapa orang yang sedang sedih menjadi bahagia.

Karena musik mampu membuat seseorang mengalami perubahan emosi maka musik punya peran untuk mempengaruhi perilaku seseorang, analogi sederhana "ketika sebuah club menjadi juara liga champion kemudian diputarkan lagunya Queen - we are the champion,emosi apa yang dirasakan?"

"Analogi ke 2 ketika baru putus dengan pacarnya kemudian mendengarkan lagu Sang mantan - Nidji, emosi apa yang dirasakan?"

Musik,lagu,suara dan berbagai bunyi -bunyian mampu mempengaruhi dan mengaduk - aduk emosi yang mendengarkan apakah berarti musik mampu mempengaruhi perilaku?

Emosi mampu membuat seseorang berperilaku normal atau tidak normal,perlu dilakukan sebuah penelitian lanjut untuk menegakkan kaitan antara musik dan perilaku.bagaimana menurut anda?

Musik bagi beberapa orang menjadi sebuah media hiburan semata tetapi bagi beberapa orang musik tidak sekedar hiburan, musik mampu mempengaruhi cara berpikir mereka, PUNK identik dengan ANTI KEMAPANAN, musik ini terlahir dari keinginan beberapa anak yang ingin terbebas dari KEKANGAN, terbebas dari TEKANAN, mereka ingin mengalami KEBEBASAN dan FREEDOM menurut versi mereka.

UDERGROUND, identik dengan perlawanan bawah tanah, sebuah kelompok yang menginginkan bentuk lain dari sebuah musik, tidak sekedar hentakan drum dan raungan gitar tetapi sampai ke SCREAM vokalis., mereka ingin melihat musik tidak dibatasi oleh berbagai macam pernik. ROCK identik dengan ketegaran batu karang, musik rock yang keras seperti cadas menunjukkan bahwa penikmat ROCK adalah orang - orang pantang menyerah.

JAZZ, musik kalem yang membutuhkan intelektualitas tinggi sekelas ORKESTRA, sebuah musik kebijaksanaan, easy listening dan memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya. KLASIK sebuah musik berkasta tinggi yang membutuhkan skill tingkat tinggi, dibutuhkan kejernihan permainan gitar, suara vokal yang lembut dan beroktaf tinggi dll.

Dengan beberapa definisi singkat dan gambaran singkat diatas, kira - kira mampukah musik mempengaruhi perilaku seseorang? mampukah musik merubah suasana emosional seseorang? mampukah musik menjadi sebuah terapi? dan bagaimana terapi musik yang tepat untuk penderita Gangguan Jiwa.

1 comment :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jika anda merasa tersesat di blog ini, mohon beri komentar sebagai perbaikan kualitas postingan.