Pages

Sunday, January 31, 2010

Terbunuh cinta

Ketika cinta dijadikan sebuah alasan logis untuk bunuh diri, ketika perceraian dan putus cinta digunakan sebagai alibi bahwa menjadi gila karena cinta adalah hal wajar, terbunuh cinta berawal dari perasaan kesepian, ketidakberdayaan, kegagalan merespon kehilangan, perasaan kehilangan harapan dan menganggap bunuh diri sebagai satu-satunya alasan rasional. Cinta adalah sebuah sinyal ketertarikan seseorang dengan lawan jenisnya, cinta adalah pertemuan feromon dari 2 anak manusia, cinta adalah penyatuan emosi dua pribadi yang disatukan oleh daya tarik yang tak mampu dijabarkan dengan rumus kimia, apakah daya adhesi yang bekerja ataukah daya kohesi yang bekerja. Cinta adalah perasaan yang terlalu konotatif untuk diungkapkan dengan kata-kata tapi terlalu denotatif untuk diungkapkan dengan banyak symbol. Cinta membawa kebahagiaan bagi mereka yang memilikinya, tapi cinta mampu membawa sebuah luka parut psikologis yang terkadang sulit disembuhkan tapi juga mudah dilewati oleh orang-orang yang telah assertive dengan kehilangan, kehilangan adalah hal pahit, berat untuk dijalani dan terasa membebani pikiran.

Cinta adalah pelangi yang menawarkan keindahan, cinta adalah fatamorgana ketika kenyataan berbeda dengan harapan, seseorang yang terbunuh cinta telah mematikan cahaya harapan, cahaya kebahagiaan, cahaya perubahan, cahaya keindahan, cahaya semangat dan cahaya asa + cinta. Seseorang yang terbunuh cinta mengurung pikirannya dengan benteng keterbatasan dan mematikan cahaya-cahaya dan membiarkan dirinya berada dalam kegelapan visi, seolah tak ada lagi cahaya kecil yang masih sempat masuk.

Terbunuh cinta lebih kejam dari terbunuh fisik, seorang anak yang lari dari rumah karena kehilangan kasih sayang, seorang istri yang terganggu jiwa nya karena perilaku kasar suaminya, seorang remaja putri yang akhirnya melompat dari gedung karena diputus oleh pacarnya. Cinta membutakan akal sehat manusia, cinta mampu meruntuhkan keberanian seorang pejuang perang gagah berani. Terbunuh cinta adalah ketika seseorang mati rasa karena trauma, terkadang cinta membawa tawa dan bahagia tapi terkadang cinta menjadi petaka. Cinta mampu menguatkan seseorang atau merobohkannya.

Friday, January 29, 2010

Tertawa terbukti mereduksi stress

Tertawa terbukti mampu mereduksi stress, selain terjadi pelepasan delyoson dan endorphin/endomorphin yang mampu mereduksi nyeri, tertawa ternyata mampu menurunkan dan meredakan tekanan psikologis, tertawa membutuhkan sedikit kontraksi pada otot wajah, mencairkan suasana yang kaku, orang yang cemas karena menghadapi ujian maka kecemasannya dapat tereduksi ketika pengujinya melemparkan humor segar, humor dan tertawa adalah pasangan kekasih yang disatukan dalam sebuah ikatan suci tanpa rantai karbon (gubrak kok gak nyambung banget). Humor menstimulasi orang untuk tertawa, tertawa membantu tubuh untuk relaksasi, membaca postingan-postingan lucu di fb, membaca artikel lucu disebuah blog, melihat gambar lucu mampu membuat pikiran menjadi fresh dan relax, otak diberi kesempatan mengkonsumsi oksigen dalam jumlah cukup.

Tertawa dan humor dikembangkan menjadi sebuah terapi untuk mereduksi orang - orang dengan potensi perilaku kekerasan untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku yang seharusnya, tapi meski tertawa adalah sebuah terapi bukan berarti bahwa kita diijinkan untuk tertawa sendiri, jangan sampai kita dianggap menderita halusinasi digital gara-gara tertawa sendiri sambil megang handphone atau laptop.

Benarkah tertawa atau humor mampu mereduksi perasaan tertekan? Kita telaah perlahan bagaimana kejadian tersebut berlangsung. Tertawa dan humor akan melepaskan hormon yang membunuh nyeri, zat yang membuat kita merasa senang dan bahagia, seorang bapak yang penat dengan tugas kantornya bisa menjadi riang setelah bertemu 2 jagoan kecilnya, perilaku lucu sang anak membuat ayah tersebut tertawa lepas, tertawa membuat beban kehidupan terasa ringan, benarkah alibi bahwa tertawa mereduksi stres? Hanya anda yang mampu membuktikannya.

Wednesday, January 27, 2010

Mengapa seseorang menjadi possesive?

Mengapa seseorang yang baru mesra-mesranya menjalin sebuah hubungan, tiba-tiba menjadi possesive. Apa sih yang dimaksud dengan possesive? Suatu perasaan takut kehilangan yang dialami oleh seseorang setelah dia menemukan zona kenyamanan bersama seseorang, hal pertama yang dia lakukan mungkin sangat sepele, simpel menurut beberapa orang, tapi bagi beberapa orang yang tahu, apa yang mereka lakukan akan terlihat berlebihan, possesive muncul karena munculnya perasaan cinta yang berlebihan sehingga membuat seseorang menjadi nyaman secara psikologis, perasaan nyaman secara psikologis ini tentu tidak mau hilang begitu saja.

Perasaan tenang,tentram, damai, terlindungi, diperhatikan, disayangi, dimanja, dijaga membuat seseorang merasa nyaman berada dekat dengan orang yang dia sayangi, hanya dibutuhkan sebuah konsep diri yang kuat untuk menghindarkan seseorang dari sifat possesive, perasaan takut kehilangan terkadang membuat seseorang kehilangan rasionalitasnya, membatasi kegiatan pasangannya, setiap menit menelpon atau sms pasangannya hanya untuk mengetahui keberadaan pasangannya, bahkan melakukan pengintaian terhadap apa yang sedang dilakukan oleh pasangannya.

Possesive, cemburu adalah sebuah bumbu dalam konsep hubungan, tapi bagaimana jika sebuah masakan kebanyakan bumbu. Jika terlalu banyak garam akan terasa asin, jika terlalu banyak gula maka akan terlalu manis, jika terlalu banyak cabe maka akan terlalu pedas, bumbu harus pas dan tepat agar terasa enak.

Bagaimana cara mereduksi possesive? Kembangkan building trust, ritual romantisme, komunikasi interpersonal, managemen waktu, latihan assertive, marah konstructive, out of box, positive thingking, refleksi, share perasaan, touring ke alam, menjalin koneksi, social respon, mengembangkan sikap ksatria, kejujuran, kesetiaan, komitmen, dan satu niat baik menjaga hubungan dengan baik.

Tuesday, January 26, 2010

Berhenti sebelum kenyang

Dalam dimensi fisik, berhenti sebelum kenyang lebih mudah tapi berhenti sebelum kenyang dalam dimensi psikologis atau mental bisa dikatakan sangat susah, berhenti sebelum kenyang dalam dimensi psikologis berarti merasa cukup dan mensyukuri nikmat yang sudah didapat saat ini, mensyukuri semua yang sudah didapatkan adalah berhenti sebelum kenyang, rasa haus manusia akan penghormatan, status sosial, gelar dan berbagai symbol-symbol hedonisme membuat manusia selalu lapar, tak pernah puas dan selalu merasa kurang. Perasaan tidak pernah puas ini membuat manusia melupakan kodratnya dan melakukan hal - hal yang bertentangan dengan hati nuraninya.

Kehidupan adalah sebuah fatamorgana, segala hal terlihat indah ketika tidak menjadi milik kita, pelangi selalu terlihat berada diatas kepala orang lain, rumput tetangga terlihat lebih hijau. Semua kebahagiaan, kesedihan terletak dalam persepsi kita, pikiran kita, sehingga Robert T Kiyosaki sempat berujar bahwa pikiran akan menjadi aset atau liabilitas, pikiran akan menguntungkan kita atau pikiran justru akan merugikan kita. Pemikiran yang salah akan kebahagiaan dan kehidupan memaksa jutaan orang berjuang mencari jati diri, mencari makna hidup bahkan mencari kebahagiaan di tempat-tempat yang menyajikan kebahagiaan semu.

Berhenti sebelum kenyang adalah menghentikan ambisi- ambisi liar, berhenti sebelum kenyang adalah merasa cukup dan bersyukur dengan semua nikmat yang sudah didapat. Semakin banyak kita mensyukuri semua, justru semakin bertambah kebahagiaan kita, jika hari ini anda belum merasa bahagia, cobalah tersenyum pada teman anda, tetangga anda, berbagilah dengan mereka, ciptakan kebersamaan, ciptakan jembatan bukan tembok maka kebahagiaan akan menghampiri anda.

Monday, January 25, 2010

Multiple stressor

Kalo Tung Desem Waringin mengajarkan Multiple Stream Income,ato ada juga multiple intellegence maka tak ada salahnya kita mengenal Multiple Stressor. Istilah apalagi tuh, peribahasa bilang "sudah jatuh tertimpa tangga", istilah ini jika disederhanakan menjadi apes yang berulang dan keduanya belum teratasi, stressor dapat muncul akibat munculnya beberapa permintaan dalam waktu bersamaan, contoh sepele : "seorang wanita diminta segera melunasi uang spp agar dia dapat mengikuti ujian akhir semester tapi pada saat yang bersamaan ibunya jatuh sakit", munculnya dua permintaan dalam waktu bersamaan sering membuat manusia menjadi tertekan. Manifestasi yang dimunculkan bisa sangat beragam, marah - marah, ngambek, menangis, berkeluh kesah, mengumpat dll.

Mengapa manusia mengalami multiple stressor? Bisa disebabkan oleh beberapa hal, karena kewenangan, tanggungjawab, keinginan, harapan, cita-cita, pekerjaan, peran, status sosial, tingkat pendidikan dll. Inti dari multiple stressor adalah munculnya tekanan psikologis dalam waktu bersamaan dan keduanya membutuhkan penyelesaian saat itu juga. Siapa yang paling memungkinkan mengalami multiple stressor? Orang dengan banyak peran, banyak keinginan dan banyak tuntutan. Semakin orang berada dalam posisi yang lebih tinggi maka hembusan anginnya akan sangat kencang.

Apa yang harus kita lakukan jika kita mengalami multiple stressor? Tarik nafas panjang, brain storming, prioritaskan masalah yang paling utama untuk diatasi, turunkan standar, evaluasi harapan dan realita, rubah indikator- indikator baru, delegasikan tugas ke orang lain (rata-rata orang tidak mampu mempercayai orang lain sehingga delegasi gagal), delegasi tugas yang terbaik harus diiringi dengan mentoring yang baik, jika delegasi tidak diimbangi dengan mentoring maka hasil cenderung jauh dari rencana. Multiple stressor hanya membutuhkan langkah - langkah taktis dan strategis untuk mengatasinya, dibutuhkan beberapa aplikasi nyata untuk merubahnya menjadi PELUANG yang luar biasa.

Saturday, January 23, 2010

Pentingnya kekuatan mental

Mengapa kekuatan mental penting? Apa saja yang mampu menyerang mental kita sehingga perlu diwaspadai,apakah kekuatan mental tersebut mampu membuat kehidupan kita menjadi lebih sukses, lebih baik, bahkan harapan dan asa yang kita inginkan tercapai, apa kehebatan dari kekuatan mental kita sehingga berhasil tidaknya seseorang dipengaruhi oleh mental juara yang ada dalam dirinya.

Beberapa hal yang mampu menyerang mental adalah : stress, depresi, frustasi, kehilangan, kegagalan, pengkhianatan, pembunuhan karakter, fitnah, gosip, isu, kabar burung, penilaian negative, judgement, stereotype, sebutan atau julukan. Beberapa hal tersebut dapat mengancam integritas individu,jika tidak ditopang dengan mekanisme koping yang kuat maka seseorang dapat terjatuh dalam gangguan jiwa. Serangan terhadap mekanisme bisa bersifat tunggal atau jamak. Serangan terhadap mekanisme koping akan menguras tenaga extra untuk melepaskan diri dari stress atau beban pikiran.

Langkah- langkah apa yang dapat kita lakukan untuk memperkuat benteng pertahanan diri?

Support system yaitu mencari dukungan dari orang - orang terdekat, apakah tetangga,sahabat,teman atau siapapun yang menurut kita mampu memberikan dukungan terhadap kita.

Avoidance dan exit strategi, menghindar atau strategi keluar atau memutuskan kontak dengan stressor. Manusia bisa menjadi pemicu munculnya stressor bagi manusia lain ex: orang yang di phk,orang yang ditolak cintanya, orang yang mengalami perceraian atau perpisahan.

Pendekatan spiritual, spiritual adalah sebuah inner journey seorang manusia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan "who am i, who is god, when a people die, apa tujuan hidup, apakah keyakinan saya selama ini salah atau benar, apakah kebahagiaan itu. Menjawab pertanyaan - pertanyaan seperti ini membutuhkan sebuah mental yang kuat agar tidak keluar rel.

Mengekspresikan perasaan,jika kita mampu mengekspresikan perasaan dengan baik maka kita akan berusaha untuk menjaga diri.

Cari alternatif pemecahan lain, dengan press release, press confrence, statement di media massa, menulis diblog, menulis buku atau novel, menyewa iklan untuk menayangkan informasi yang sebenarnya.

Thursday, January 21, 2010

TRANSFERAN DARI PAYPAL WISHLIST

Setelah kemarin sempat ikut program paypal wishlist akhirnya tadi pagi dapet transferan dari paypal, meski recehan tapi jika recehan dollar sepertinya mampu membantu menaikkan devisa buat bangsa ini, para pemburu dollar lewat Google Adsense, Chitika, Adbrite, Text Link Ad, Amazon Affiliate, Ebay Affiliate adalah para pejuang - pejuang devisa baru, para pejuang devisa yang tidak harus menetap di negeri tetangga, para pejuang devisa yang mencurahkan segenap upaya dan tenaga tidak hanya untuk mensejahterakan dirinya sendiri tetapi juga berupaya mensejahterakan masyarakat disekitarnya.

Pejuang tidak harus mengangkat senjata, pejuang boleh berlatar belakang berbeda, karena inti dari pejuang adalah orang yang berusaha untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Buat para pemburu dollar teruslah berupaya dengan kesungguhan hati, buat yang belum terjun sebagai pemburu dollar mari kita bantu devisa negara dengan berburu dollar, semakin banyak dollar dinegeri kita semakin kuat rupiah terhadap dollar ( secara teori ekonomi benar gak sich?)

Saya hanya bisa mengajak agar semua WNI mau terjun menjadi pemburu dollar, tidak harus berkostum  bajak laut , tidak harus berbaju pakaian pemburu yang sebenarnya cukup bermodal PC dari warnet, beberapa pengetahuan tentang komputer, semangat belajar dan mencoba. Pemburu dollar cukup bercelana pendek dan berkaos oblong sudah ketak - ketik keyboard update postingan, belajar dengan blogwalking, monetisasi blog, promosi blog dll.

Apa kaitan pemburu dollar dengan gangguan jiwa?? jika kita sibuk berburu dollar dan menikmati hasilnya, akankah kita hanya menjadi manusia yang menggantung mimpi? akankah kita sibuk berhalusinasi atau sibuk memikirkan masalah sendiri, akankah sibuk dan berkutat dengan stress, berburu dollar dapat dilakukan sehari 4 jam diluar jam kantor bagi yang sudah bekerja dan waktu bebas bagi para pemburu dollar murni.

Apakah anda siap untuk berburu dollar??? LETS DO IT!!

Wednesday, January 20, 2010

Daya tilik diri

Apa sih yang dimaksud dengan daya tilik diri? Daya tilik diri adalah Suatu kemampuan untuk menilai diri sendiri. Apa yang harus kita nilai dari diri kita sendiri? Yang perlu dinilai adalah kelebihan dan kelemahan diri, mengapa mengenal kelebihan dan kelemahan itu penting? Karena, kesalahan dalam mengenal kelebihan dan kelemahan diri ini mampu membawa kita dalam keyakinan yang salah terhadap diri sendiri, mengapa bisa salah? Jika kita tidak merasa memiliki kelemahan maka kita akan menjadi orang sombong tapi jika kita tidak merasa memiliki kelebihan maka kita akan menjadi orang minder. Apakah mengenal kelebihan dan kelemahan diri membawa makna dalam kebahagiaan,kesuksesan dll? Jawabnya YA.

Bagaimana cara kita mengenal kelebihan dan kelemahan kita,kelebihan dan kelemahan harus dilihat secara holistik,secara menyeluruh. Ada 2 metode yg bisa dipakai,metode 1 adalah anda sendiri yang menuliskan apa kelebihan anda dan apa kelemahan anda,metode 2 anda meminta beberapa sahabat,keluarga dan orang - orang yang sangat mengenal anda untuk menuliskan kelebihan dan kelemahan anda. Kemudian hasil catatan tersebut anda bandingkan mana yang cocok dan mana yang tidak cocok.

Apa manfaat dari daya tilik diri positive? Kemampuan mengenal dan menilai diri secara positive akan mengembangkan potensi - potensi yang ada dalam diri kita,semakin baik kita mengenal diri maka semakin cepat kita berhasil. Kita akan menjadi orang yang tidak sombong dengan kelebihan dan tidak minder terhadap kelemahan.

Daya tilik diri adalah kunci kesuksesan bagi siapapun,yang sekarang merajut mimpi,yang sekarang sedang merangkai masa depan,yang sekarang sedang berjuang untuk menemukan jatidiri,maka KNOWING SELF. Semakin baik anda mengenal diri anda sendiri maka anda akan mampu untuk MENGUBAH KELEMAHAN MENJADI KELEBIHAN..bangkitnya potensi dalam diri ini yang membuat seseorang yang tadinya tidak diperhitungkan sama sekali, tiba-tiba menjadi orang yang sangat berpengaruh. Entah siapa yang kelak akan meneruskan langkah-langkah hebat tersebut..saya,anda atau siapapun..HANYA TUHAN YANG TAHU.

Tuesday, January 19, 2010

Cinta,deritanya tiada akhir

Ketika sedang asyiknya melihat film Kera Sakti tentu kita sering mendengar ungkapan diatas diucapkan oleh Pat Kay,apa yang janggal dengan ucapan tersebut? Bukankah gara - gara cinta Argamemnon dari Sparta harus menyerang Troya. Sebuah perang besar berawal dari sebuah panah cinta Pangeran Paris dengan Helen istri Argamemnon, kisah ini bukan hanya ada dibalik layar tapi terjadi disekitar kita,dua sekolah saling serang hanya gara-gara berebut cinta.

Postingan kali ini tidak akan membahas tentang perang,tapi tentang penderitaan akibat cinta. Sebut saja artis x yang baru menikahi seorang duda kemudian bercerai,atau artis y yang suaminya menjadi anggota dewan terhormat yang harus masuk hotel prodeo karena kasus korupsi, ada artis z yang mencaci maki sekumpulan ... Lewat twitter karena tertangkap basah menggendong anak ... Nya.

Itulah drama cinta dalam kehidupan,saat ini bisa senang,bahagia,berbunga-bunga,melonjak-lonjak kegirangan,berdebar-debar ketika bertemu,bahkan makan berdua,boncengan bareng naik motor,suap-suapan,saling bergandengan tangan,seolah olah dunia milik berdua dan yang lain ngontrak.

Beberapa hari kemudian situasi berubah,berawal dari pertengkaran kecil sampai ke perpisahan,sesuai mekanisme kehilangan dua individu akan saling menjaga jarak,merasionalisasi apa yang baru saja terjadi,itulah hebatnya kecepatan emosi dalam mengambil keputusan,ingin secepatnya terhindar dari kesengsaraan tapi justru menderita,ketika logika sudah jalan "broken glass" akan berbeda dengan gelas baru,solusinya mengubah persepsi menjadi "gelas baru" dan melupakan semua kejadian konflik besar tersebut.

Cinta dan mencintai menurut Abraham Maslow adalah kebutuhan dasar manusia,ketika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi seseorang bisa mengalami cedera psikologis,sebuah efek jangka panjang yang tidak terkoping adalah depresi dan frustasi,lama -lama bahkan bisa menyebabkan gangguan mental bahkan psikopat. Sibling rivalry,KDRT, community violence,patah hati,kekerasan seksual,pelecehan dll mampu memicu lahirnya psikopat-psikopat.

Itulah uniknya cinta mampu membawa yang menikmatinya ke awang-awang lalu tiba -tiba harus terjatuh kedalam sebuah realita pahit,hanya dibutuhkan sebuah KEIKHLASAN untuk menghadapi situasi tersebut,melepaskan dan merelakan perginya cinta tersebut. Meski memang ada cinta sejati tapi yang paling sejati tentu cinta ibu kandung pada anak kandungnya dan kecintaan Allah pada hambanya,hanya dengan kerelaan hati,keikhlasan menerima ketentuan dari Allah maka semua derita cinta akan tersembuhkan dan terobati.

KONSEP CIUMAN VERSI GOKIL

Konsep Ciuman menurut Dosen dari berbagai bidang ilmu:

Dosen Fisika: Ciuman adalah gaya tarik menarik antara dua mulut dimana jarak antara satu titik dengan titik yang lain adalah nol.

Dosen Kimia: Ciuman adalah reaksi akibat interaksi dari senyawa yang dikeluarkan oleh dua hati.

Dosen Mikrobiologi: Ciuman adalah pertukaran bakteri uniseksual di dalam air liur.

Dosen Biologi: Ciuman adalah menyatunya dua otot orbicularisoris dalam keadaan kontraksi.

Dosen Ekonomi: Ciuman adalah sesuatu di mana permintaan lebih besar daripada penawaran.

Dosen Statistik: Ciuman adalah kejadian yang peluangnya bisa sangat tergantung dari angka statistik berikut:36-24-36.

Dosen Teknik: Ciuman? Apa itu..?

Dosen Elektro: Ciuman Adalah bertemu antara ion positif dan negatif yang mengakibatkan arus lemah menjadi arus kuat...

Dosen Kedokteran: Ciuman adalah proses pendiaknosaan fisik secara langsung yang mengakibatkan aliran darah ke organ reproduksi meningkat.

Dosen Psikologi: Ciuman adalah proses penjiwaan terhadap pola pikir seseorang untuk mengetahui akan kenikmatan....

Dosen Program Komputer: If Kiss >= Hot then go to bed room else go to bathroom end.

Dosen Seni: Ciuman adalah sesuatu yang indah bila dinikmati bersama.

Guru Olahraga: Jika berciuman berkategori sangat hot, sama besar dengan kalori yang terbuang untuk berjalan tergopoh-gopoh (brisk walking).

Dosen Politik (Ilmu Transformasi Konflik): Ciuman adalah kemampuan untuk mentransformasi gesekan-gesekan konflik dari dua kelompok berbeda sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang positif (win win solution = semua senang, semua nyaman... semua melayang).

Dosen Matematika (Teori Kemungkinan): Ciuman itu gambling, sekarang cium tinggal tunggu balasannya, digampar ato dibalas cium...

Dosen Olahraga (again): Ciuman adalah suatu peregangan & pemanasan untuk "olahraga" yang lebih berat...

Dosen Kewiraan: Ciuman adalah hak yang dimiliki oleh seorang pasangan yang hubungannya telah diakui oleh negara berdasarkan hukum dan undang-undang yang berlaku.

Dosen Bahasa: Ciuman adalah berasal dari sebuah kata dasar "Cium" yang mendapatkan akhiran "An".

Dosen Seksiologi: Ciuman adalah suatu teknik rangsangan dan pemanasan (Foreplay) dimana tahapan ini menyentuh titik titik rangsangan di seluruh tubuh...

Anaknya Dosen (yang masih berumur 3 tahun): Ciuman adalah temannya Ciunyil, Ciucrit, Ciusrok. Bisa juga berarti sudah sadar dari pingsan.




Bagaimana konsep ciuman menurut anda??

Sunday, January 17, 2010

Mengapa melupakan seseorang sulit

Mengapa ketika kita ingin melupakan seseorang sulit,mekanisme memori otak apa yang terjadi?setiap kejadian dalam kehidupan manusia akan terekam dalam memori jangka pendek kemudian jangka panjang,anehnya semakin kuat kita berusaha melupakan tapi justru kita semakin teringat,hal ini terjadi karena secara tidak sadar kita memasukkan memori atau kenangan tersebut ke memori jangka panjang.

Semakin kuat kita berusaha melupakan tetapi justru kita semakin sering memikirkan secara tidak sadar,hal ini terjadi karena kita sedang dalam mekanisme respon menghadapi kehilangan,jika kita gagal menghadapi respon kehilangan maka disebut berduka disfungsional,keadaan ini terjadi karena kita belum mengikhlaskan kejadian atau seseorang yang akan kita lupakan tersebut. Apa kelemahan kita sehingga mengalami berduka disfungsional? Karena otak manusia cenderung mendekati kebahagiaan dan menghindari kesengsaraan.

Kecenderungan mendekati kebahagiaan ini menyebabkan kita menolak atau menghindari situasi yang tidak nyaman secara emosional tersebut. Manusiawi bahwa manusia selalu terstimulus dengan hal - hal yang menyenangkan dan akan terpuruk atau jatuh oleh hal-hal menyedihkan. Akankah kehidupan kita diombang ambingkan oleh emosi sesaat tersebut?

Bagaimana langkah-langkah melupakan?
  1. Kita harus memiliki subyek pengganti,tanpa subyek pengganti maka kita tidak memiliki memori baru yang akan menimpa memori lama.
  2. Kita harus membuat sebuah rasionalisasi dari situasi perpisahan tersebut,mengapa perpisahan menjadi alasan terbaik.
  3. Lewati tahap denial,anger,bargaining dan acceptance secara urut. Jika mungkin dipercepat.
  4. Cari support system atau dukungan,curhat dengan sahabat,saudara,tetangga atau siapapun orang yang anda percaya.
  5. Isi dengan kegiatan-kegiatan spiritual untuk menenangkan hati.
  6. Tuliskan apa yang anda rasakan dan buat cerita dalam bentuk orang ketiga sehingga menjadi catatan yang menarik.
  7. Melakukan refreshing ke tempat-tempat wisata jika perlu.

Friday, January 15, 2010

Remaja adalah periode rawan gangguan kejiwaan

Banyak orang tua yang merasa kuatir tentang perkembangan anaknya, terutama anak usia remaja, pada usia ini, anak-anak mulai ingin diakui sebagai  seseorang, mereka sedang mengalami transisi dari anak - anak menuju dewasa hal ini sering disebut  dengan istilah “Pencarian Jati Diri” Remaja mulai ‘Show Off’,  ingin menunjukan kepada Dunia kalau dirinya ‘Ada’. Hal ini bisa berakibat fatal,  apabila para orang tua kurang mendekatkan diri dengan anaknya. Inilah yang sering kita sebut sebagai ‘Anak  Kurang Perhatian’.  Mereka biasanya akan  mencari perhatian diluar rumah.

Pada usia ini, mereka biasanya akan  mencari perhatian, mereka akan mulai mencoba “Dunia baru” yang bisa  mereka jajaki dan mereka anggap hebat contohnya, mereka akan mulai merokok,  rokok akan menarik bagi mereka, karena menganggap bahwa  rokok merupakan gerbang kedewasaan, karena  biasanya orang tua yang merokok melarang anaknya merokok, dengan dalih,  rokok hanya boleh untuk orang dewasa. Maka anak akan merasa sudah dianggap dewasa, jika mulai bisa merokok.! ini kesalahan orang tua perokok dalam memberi pandangan soal rokok pada anaknya.

Mengendari mobil secara diam-diam, mencuri kesempatan untuk meyogok sopir yang mengantarnya, agar mau melepaskan mobil untuk dikendarainya. kenapa hal ini terjadi.? Bagi remaja pemula yang sering dihandrik sebagai belum dewasa jika belum berumur tujuh belas tahun, yaitu batas seorang anak untuk mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan SIM (Surat Izin Mengemudi), maka dengan mahirnya dia mengendarai mobil dan berhasil mendapatkan SIM, hal ini sebagai pengukuhan dirinya sudah dewasa.

Di Indonesia minuman beralkohol yang resmi (legal) dapat diperoleh  setelah seseorang berusia 17 tahun, tetapi ada beberapa peraturan contohnya di  beberapa negara bagian di Amerika Serikat, seseorang baru diperbolehkan  mengkonsumsi minuman beralkohol bila telah berusia 21 tahun, karena dengan usia  dewasa anda dianggap telah dapat mempertimbangkan dan bertanggung jawab atas  diri pribadi dan apa yang dilakukan. Anak yang ingin  segera dianggap dewasa, akan mengkonsumsi minuman beralkohol, hal ini lebih diperparah setelah anak menjadi ketagihan atas efek minuman beralkohol tersebut.! Disaat ini juga, bahaya narkotika mulai mengincar untuk masuk dalam kehidupan anak remaja yang sedang mencari jati diri tersebut.

Setelah merasa mendapat pengukuhan sebagai orang dewasa karena sudah mempunyai KTP, SIM dan bisa merokok, juga mampu menegak minum beralkohol, satu hal lagi yang membuat dirinya merasa sudah benar-benar menjadi ‘orang’ adalah bisa melakukan hubungan seks.!. Saat inilah orang tua harus benar-benar menjadi teman terpercaya untuk anaknya.

Banyak orang tua di Indonesia sangat mentabukan untuk membicarakan masalah seks dengan anaknya, sampai-sampai seorang anak membicarakan alat kelamin saja, sudah dihardik sebagai perkataan ‘kotor’, tidak pantas.! sehingga anak semakin bingung dan mendapat kesan bahwa hubungan kelamin itu sesuatu misteri, sudah menjadi sifat manusia, apa yang ditabukan, apa yang dianggap misteri, malah menarik perhatian lebih untuk mencoba dan mencari tahu.

Seorang teman yang tinggal di Jerman, ketika berkunjung kerumah saya, kebetulan meyaksikan berita-berita pembunuhan mahasiswi yang dilatar belakangi perbuatan seks mereka, dia mengatakan : ‘jika para orang tua gadis di Indonesia masih saja ketakutan dengan para play boy yang akan membuat hamil putri-putri mereka, maka orang tua model begini, belum siap menjadi orang tua, karena putri-putri mereka masih ‘bodoh’ pengetahuan tentang seksnya, sebab orang tuanya tidak membekalinya ilmu bela diri, ilmu perlindungan diri untuk bahaya seks.!”

Seperti telah kita ketahui bahwa pada usia 12 tahun  (wanita) dan usia 14 tahun (bagi pria), organ-organ reproduksi beserta  hormon-hormonnya mulai berkembang. Hal ini memberikan sensasi baru bagi  putra-putri anda yaitu keinginan seksual.

Di Negara maju, pengetahuan soal seks sudah diajarkan dari sejak sekolah dasar, dan orang tua juga sangat terbuka untuk membicarakan seks dengan anak-anaknya. sehingga pengetahuan seks, anak mendapatkan secara benar dan dari sumber yang bisa dipercaya.

Kelemahan budaya kita,  sebagai orang timur masih banyak orangtua yang enggan memberikan  informasi-informasi yang menyangkut masalah seksualitas. Hal ini yang  mendorong anak remaja mencari akses informasi lain. Akses untuk mendapatkan informasi melalui situs-situs porno di internet,  majalah-majalah dan video-video pornografi, bahkan sekarang telepon genggampun  bisa menjadi sarana penyebaran.

Sudah saatnya orang tua menjadi teman terpercaya anak-anaknya, termasuk urusan seks.! jaman sudah berkembang secara pesat, akses internet membuka pintu dunia pengetahuan secara mudah. Bukan hanya anak-anak yang mengambil manfaat untuk memperoleh pengetahuan kedewasaannya, tetapi orang tuapun diharapkan berlaku demikian.! cobalah ambil pengetahuan dari banyak web dan berita tentang kemajuan dunia, agar tidak tertinggal sehingga menyulitkan komunikasi dengan anak-anaknya.

Sebagai orang tua, tentu saja  kita menginginkan mempunyai anak-anak yang baik, dan menjadi kebanggaan orang  tua. Kita tidak menginginkan kegagalan dalam perkembangan anak-anak,  Maka suatu kewajiban bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan bekal  informasi yang benar, juga membekali mereka dengan pendidikan moral dan agama,  agar terbentuk menjadi manusia yang berakhlak dan berbudi luhur selain berilmu  tinggi, karena keduanya tidak dapat terlepaskan.

Kita melihat, nasihat Albert  Einstein (1879-1955) sebagai berikut: “Religion without  science, is lame, Science without religion is  blind”. (Agama tanpa ilmu pengetahuan akan lumpuh Ilmu pengetahuan tanpa  agama, akan buta) maka penting bagi kita orang tua membekali puta-putri  dengan akhlak yang baik, karena dengan pengetahuan dan ilmu yang tinggi, seseorang  bisa menjadi manusia  jenius.!

sumber : edukasi kompasiana


Thursday, January 14, 2010

cerita Lucu : guru killer

Kelas yang tadi ribut-ribut tanpa guru, kini menjadi sunyi. Guru Bahasa Indonesia yang paling ditakuti dan disegani oleh semua murid telah masuk ke dalam kelas. Wajahnya garang seperti harimau kelaparan.
Murid-murid : Selamat pagi, Bu Guru!
Bu Guru (dengan suara melengking) : Mengapa bilang selamat pagi saja? Kalau begitu siang, sore dan malam kalian mendoakan saya tidak selamat ya?
Murid-murid : Selamat pagi, siang dan sore Bu Guru.....
Bu guru : Kenapa panjang sekali? Tidak pernah orang mengucapkan selamat seperti itu! Katakan saja selamat sejahtera, bukankah lebih bagus didengar dan penuh makna? Lagipula ucapan ini meliputi semua masa dan keadaan.
Murid-murid : Selamat sejahtera Bu Guru!
Bu guru : Sama-sama, duduk! Dengar sini baik-baik. Hari ini Bu Guru mau menguji kalian semua tentang perlawanan kata atau antonim kata. Kalau Bu Guru sebutkan perkataannya, kamu semua harus cepat menjawabnya dengan lawan katanya, mengerti?
Murid-murid : Mengerti Bu Guru...
Guru : Pandai!
Murid-murid : Bodoh!
Guru : Tinggi!
Murid-murid : Rendah!
Guru : Jauh!
Murid-murid : Dekat!
Guru : Berjaya!
Murid-murid : Menang!
Guru : Salah itu!
Murid-murid : Betul ini!
Guru (geram) : Bodoh!
Murid-murid : Pandai!
Guru : Bukan!
Murid-murid : Ya!
Guru (mulai pusing) : Oh Tuhan!
Murid-murid : Oh Hamba!
Guru : Dengar ini...
Murid-murid : Dengar itu...
Guru : Diam!!!!!
Murid-murid : Ribut!!!!!
Guru : Itu bukan pertanyaan, bodoh!!!
Murid-murid : Ini adalah jawaban, pandai!!!
Guru : Mati aku!
Murid-murid : Hidup kami!
Guru : Saya rotan baru tau rasa!!
Murid-murid : Kita akar lama tak tau rasa!!
Guru : Malas aku ngajar kalian!
Murid-murid : Rajin kami belajar bu guru...
Guru: Kalian gila semua!!!
Murid-murid : Kami waras sebagian!!!
Guru : Cukup! Cukup!
Murid-murid : Kurang! Kurang!
Guru : Sudah! Sudah!
Murid-murid : Belum! Belum!
Guru : Mengapa kamu semua bodoh sekali?
Murid-murid : Sebab saya seorang pandai!
Guru : Oh! Melawan, ya??!!
Murid-murid : Oh! Mengalah, tidak??!!
Guru : Kurang ajar!
Murid-murid : Cukup ajar!
Guru : Habis aku!
Murid-murid : Kekal kamu!
Guru (putus asa) : O.K. Pelajaran sudah habis!
Murid-murid : K.O. Pelajaran belum mulai!
Guru : Sudah, bodoh!
Murid-murid : Belum, pandai!
Guru : Berdiri!
Murid-murid : Duduk!
Guru : Bego kalian ini!
Murid-murid : Cerdik kami itu!
Guru : Rusak!
Murid-murid : Baik!
Guru (stres) : Kamu semua ditahan siang hari ini!!!
Murid-murid : Dilepaskan tengah malam itu!!!
Bu Guru mukanya merah padam dan tanpa bicara lagi mengambil buku-bukunya dan keluar ruangan. Sebentar kemudian, loceng pun berdering. Murid-murid merasa lega karena guru yang paling ditakuti oleh mereka telah keluar. Walau bagaimanapun, mereka merasa bangga kerana telah dapat menjawab semua pertanyaan tadi. Tetapi masih ada hari esok. Guru itu pasti akan datang lagi.

disadur dari berbagai sumber, penulis pertama mohon meralat asal sumbernya!!!

Tertawa dikembangkan sebagai sebuah terapi, jika memang lucu tertawalah!!

Tuesday, January 12, 2010

BEDA DOKTER SPESIALIS JIWA, PERAWAT JIWA & PSIKOLOG

Apa sih perbedaan antara dokter spesialis jiwa, perawat jiwa dan psikolog? satu hal yang sering ditanyakan kepada saya adalah mengapa harus ada dokter spesialis jiwa, perawat jiwa dan psikolog/psikiater dalam mengelola klien dengan gangguan jiwa. Apa perbedaan fungsi dan kewenangan dari masing - masing profesi ini, mengapa tidak hanya satu profesi kesehatan saja yang menangani masalah ini.

Perbedaan pertama adalah perbedaan kompetensi, seorang dokter spesialis jiwa bertugas merumuskan sebuah diagnosa medis merujuk ke PPDGJ, sehingga gangguan yang muncul berupa Schizofrenia Hibefrenik, Schizofrenia Paranoid, Schizofrenia Katatonik, Schizofrenia Tak Terinci dll. Setelah menemukan diagnosa berdasarkan pengkajian medis maka dokter akan meresepkan beberapa obat dan beberapa therapi yang harus diberikan kepada pasien. Perawat jiwa memberikan terapi sesuai dengan order dokter dan mengusulkan terapi lain jika berdasarkan pengkajian menemukan data atau fakta lain yang mungkin luput dari pengkajian dokter spesialis jiwa dengan asumsi satu dokter spesialis jiwa mengelola untuk beberapa ruang di RS sehingga memungkinkan untuk tidak mendapatkan data dan fakta secara utuh. Perawat jiwa melakukan pengkajian dan menemukan masalah pada klien yang bertentangan dengan pola pemenuhan kebutuhan manusia secara utuh, merumuskan diagnosa dengan merujuk ke Diagnosa menurut NANDA.

Seorang psikolog akan mengkaji seseorang berdasarkan riwayat psikologis, trauma dimasa lalu, pola asuh orang tua, bagaimana pola pertumbuhan dan perkembangannya, bagaimana mekanisme koping yang digunakan kemudian menyusun diagnosa psikologis sesuai dengan rujukan. Melihat beberapa perbedaan tersebut maka seorang pasien gangguan jiwa akan mendapatkan beberapa pengkajian yang berbeda - beda. Mengapa harus ada 3 profesi ini dalam mengelola gangguan jiwa? karena dibutuhkan beberapa domain berbeda dalam menyembuhkan klien gangguan jiwa. Perbedaan profesi yang saling berkaitan dan saling berhubungan ini justru akan meningkatkan proses penyembuhan klien gangguan jiwa, semua profesi memiliki kewenangan dan kepakaran di sisi masing - masing.

Betapa rumitnya gangguan jiwa sehingga membutuhkan beberapa tim kesehatan melakukan tindakan bersama untuk menyembuhkan mereka, masing - masing melihat dengan kacamata body of knowledge masing - masing, dengan kerjasama yang utuh dan kuat dari ketiga pihak ini maka bukan tidak mungkin Indonesia Sehat 2010 bisa tercapai...semoga.

Monday, January 11, 2010

NERAKA ITU BERNAMA RUMAH TANGGA

Mengapa rumah tangga bisa berubah menjadi neraka? mengapa pula sebuah rumah tangga bisa membuat tidak nyaman penghuninya? Rumah tangga adalah hasil dari sebuah ikatan suci pernikahan yang dibalut dengan legalitas perkawinan. Seorang istri yang teraniaya oleh suaminya kemudian nekad melakukan mutilasi terhadap suaminya, atau seorang istri yang dihajar babak belur gara - gara menangkap basah suaminya yang sedang selingkuh, seorang suami yang dijadikan wadal oleh istrinya karena menjalani ilmu hitam, seorang anak yang dianiaya oleh ibu tirinya.

Beberapa fenomena diatas adalah fenomena yang ada disekitar kita, sehingga salah satu faktor pencetus gangguan jiwa adalah kegagalan membina hubungan rumah tangga. Rumah tangga seperti sebuah bangunan yang membutuhkan pondasi berupa komunikasi, perhatian, kasih sayang, pengertian, cinta dll. Membutuhkan perkembangan berupa pendidikan, bangunan fisik dan berbagai material yang lain. Rumah tangga adalah pintu awal seorang anak mengenal dunia, mengenal berbagai macam situasi dan mengenal berbagai macam cara mensikapi persoalan.

Komunikasi menjadi salah satu faktor peretak rumah tangga, kesalahan mempersepsikan bahasa mampu menjadi sebuah konflik interpersonal antara suami istri, tekanan psikologis karena perilaku suami yang bertentangan dengan harapan mampu membuat seorang istri menjadi tertekan atau justru sebaliknya seorang suami yang tertekan karena perilaku istri yang tidak sesuai dengan harapan, istri yang terlalu menuntut suami sehingga menstimulus suami untuk melakukan perbuatan - perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

Rumah tangga adalah sebuah bahtera atau kapal, jika nahkoda nya tidak mampu menjadi seorang pemimpin yang bijaksana maka bahtera tersebut akan dihempas gelombang sampai akhirnya bahtera tersebut tenggelam, sedangkan awak kapal atau istri adalah sosok yang mendukung kepemimpinan nahkoda, tanpa sebuah kerjasama, pembagian kewenangan dan peran, pengertian, kasih sayang, komunikasi yang efektif antara suami istri maka rumah tangga tak ubahnya produsen stressor yang akan melahirkan anak - anak jalanan yang terpaksa melarikan diri dari rumah karena tekanan psikologis yang tidak mampu mereka tanggung. Hanya dibutuhkan sebuah solusi tepat untuk membawa bahtera tersebut sampai ke tujuan dengan selamat.

Friday, January 8, 2010

Pengaruh musik terhadap perilaku

Berbicara musik akan terasa hambar jika tidak membahas seni,membahas seni tidak akan lepas dari keindahan,keindahan ada kaitan atau korelasi dengan kebahagiaan. Sehingga mampu ditarik sebuah kesimpulan yang kira - kira "mendengarkan musik mampu membuat beberapa orang yang sedang sedih menjadi bahagia.

Karena musik mampu membuat seseorang mengalami perubahan emosi maka musik punya peran untuk mempengaruhi perilaku seseorang, analogi sederhana "ketika sebuah club menjadi juara liga champion kemudian diputarkan lagunya Queen - we are the champion,emosi apa yang dirasakan?"

"Analogi ke 2 ketika baru putus dengan pacarnya kemudian mendengarkan lagu Sang mantan - Nidji, emosi apa yang dirasakan?"

Musik,lagu,suara dan berbagai bunyi -bunyian mampu mempengaruhi dan mengaduk - aduk emosi yang mendengarkan apakah berarti musik mampu mempengaruhi perilaku?

Emosi mampu membuat seseorang berperilaku normal atau tidak normal,perlu dilakukan sebuah penelitian lanjut untuk menegakkan kaitan antara musik dan perilaku.bagaimana menurut anda?

Musik bagi beberapa orang menjadi sebuah media hiburan semata tetapi bagi beberapa orang musik tidak sekedar hiburan, musik mampu mempengaruhi cara berpikir mereka, PUNK identik dengan ANTI KEMAPANAN, musik ini terlahir dari keinginan beberapa anak yang ingin terbebas dari KEKANGAN, terbebas dari TEKANAN, mereka ingin mengalami KEBEBASAN dan FREEDOM menurut versi mereka.

UDERGROUND, identik dengan perlawanan bawah tanah, sebuah kelompok yang menginginkan bentuk lain dari sebuah musik, tidak sekedar hentakan drum dan raungan gitar tetapi sampai ke SCREAM vokalis., mereka ingin melihat musik tidak dibatasi oleh berbagai macam pernik. ROCK identik dengan ketegaran batu karang, musik rock yang keras seperti cadas menunjukkan bahwa penikmat ROCK adalah orang - orang pantang menyerah.

JAZZ, musik kalem yang membutuhkan intelektualitas tinggi sekelas ORKESTRA, sebuah musik kebijaksanaan, easy listening dan memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya. KLASIK sebuah musik berkasta tinggi yang membutuhkan skill tingkat tinggi, dibutuhkan kejernihan permainan gitar, suara vokal yang lembut dan beroktaf tinggi dll.

Dengan beberapa definisi singkat dan gambaran singkat diatas, kira - kira mampukah musik mempengaruhi perilaku seseorang? mampukah musik merubah suasana emosional seseorang? mampukah musik menjadi sebuah terapi? dan bagaimana terapi musik yang tepat untuk penderita Gangguan Jiwa.

Wednesday, January 6, 2010

MEKANISME KOPING MENGHADAPI MASALAH

Mekanisme koping menunjuk pada baik mental maupun perilaku,  untuk menguasai, Mentoleransi, mengurangi, atau minimalisasikan suatu situasi atau kejadian yang penuh tekanan. mekanisme coping merupakan suatu proses dimana individu berusaha untuk menanggani dan menguasai  situasi stres yang menekan akibat dari masalah yang sedang dihadapinya dengan cara melakukan perubahan kognitif maupun perilaku  guna memperoleh rasa aman dalam dirinya. 

Jenis mekanisme koping

Para ahli menggolongkan dua strategi coping yang biasanya digunakan oleh individu, yaitu: problem-solving focused coping, dimana individu secara aktif mencari penyelesaian dari masalah untuk menghilangkan kondisi atau situasi yang menimbulkan stres; dan emotion-focused coping, dimana individu melibatkan usaha-usaha untuk mengatur emosinya dalam rangka menyesuaikan diri dengan dampak yang akan diitmbulkan oleh suatu kondisi atau situasi yang penuh tekanan.  Hasil penelitian membuktikan bahwa individu menggunakan kedua cara tersebut untuk mengatasi berbagai masalah yang menekan dalam berbagai ruang lingkup kehidupan sehari-hari (Lazarus & Folkman, 1984). Faktor yang menentukan strategi mana yang paling banyak atau sering digunakan sangat tergantung pada kepribadian seseorang dan sejauhmana tingkat stres dari suatu kondisi atau masalah yang dialaminya. Contoh: seseorang cenderung menggunakan problem-solving focused coping dalam menghadapai masalah-masalah yang menurutnya bisa dikontrol seperti masalah yang berhubungan dengan sekolah atau pekerjaan; sebaliknya ia akan cenderung menggunakan strategi emotion-focused coping ketika dihadapkan pada masalah-masalah yang menurutnya sulit dikontrol seperti masalah-masalah yang berhubungan dengan penyakit yang tergolong berat seperti kanker atau Aids. 

            Hampir senada dengan penggolongan jenis coping seperti dikemukakan di atas, dalam literatur tentang coping juga dikenal dua strategi coping ,yaitu  active & avoidant coping strategi (Lazarus mengkategorikan menjadi Direct Action & Palliative). Active coping merupakan strategi yang dirancang untuk mengubah cara pandang individu terhadap sumber stres, sementara avoidant coping merupakan strategi yang dilakukan individu untuk menjauhkan diri dari sumber stres dengan cara melakukan suatu aktivitas atau menarik diri dari suatu kegiatan atau situasi yang berpotensi menimbulkan stres.   Apa yang dilakukan individu pada avoidant coping strategi sebenarnya merupakan suatu bentuk mekanisme pertahanan diri yang  sebenarnya dapat menimbulkan dampak negatif bagi individu karena cepat atau lambat permasalahan yang ada haruslah diselesaikan oleh yang bersangkutan. Permasalahan akan semakin menjadi lebih rumit jika mekanisme pertahanan diri tersebut justru menuntut kebutuhan energi dan menambah kepekaan terhadap ancaman.  

Faktor yang Mempengaruhi Strategi Coping
Cara individu menangani situasi yang mengandung tekanan ditentukan oleh sumber daya individu yang meliputi kesehatan fisik/energi, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan sosial dan dukungan sosial dan materi.

  1. Kesehatan Fisik  : Kesehatan merupakan hal yang penting, karena selama dalam usaha mengatasi stres individu dituntut untuk mengerahkan tenaga yang cukup besar
  2. Keyakinan atau pandangan positif : Keyakinan menjadi sumber daya psikologis yang sangat penting, seperti keyakinan akan nasib (eksternal locus of control) yang mengerahkan individu pada penilaian ketidakberdayaan (helplessness) yang akan menurunkan kemampuan strategi coping tipe : problem-solving focused coping
  3. Keterampilan Memecahkan masalah : Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisa situasi, mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif tindakan, kemudian mempertimbangkan alternatif tersebut sehubungan dengan hasil yang ingin dicapai, dan pada akhirnya melaksanakan rencana dengan melakukan suatu tindakan yang tepat.
  4. Keterampilan sosial : Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk berkomunikasi dan bertingkah laku dengan cara-cara yang sesuai dengan nilai-nilai sosial yang berlaku dimasyarakat.
  5. Dukungan sosial : Dukungan ini meliputi dukungan pemenuhan kebutuhan informasi dan emosional pada diri individu yang diberikan oleh orang tua, anggota keluarga lain, saudara, teman, dan lingkungan masyarakat sekitarnya
  6. Materi : Dukungan ini meliputi sumber daya daya berupa uang, barang barang atau layanan yang biasanya dapat dibeli.
                         
Reference: http://www.e-psikologi.com

Monday, January 4, 2010

WANITA - WANITA PSIKOPAT KELAS DUNIA


Berita kriminal tentang pembunuhan sadis sebenarnya bukan berita heboh,  tapi tetap saja kita semua terperangah begitu muncul kasus-kasus pembunuhan lain yang menyangkut pelaku wanita. Sudah kodratnya, wanita digambarkan sebagai manusia lemah lembut dan penyayang, karena itu kalau ada wanita berprilaku di luar dari ‘garis' itu, dianggap sebagai penyimpangan.

Bagaimana anggapan kita terhadap Belle Sorenson Gunness. Wanita yang dijuluki paling sadis di dunia ini diperkirakan dengan bengis telah membunuh 42 orang. Jane Toppan, yang telah mencincang 31 orang korbannya atau Countess Elizabeth Bathory, yang gemar mandi darah wanita muda agar awet muda. 10 wanita ini menderita gangguan kejiwaan yang serius, mereka psikopat!

Berikut ini daftar wanita-wanita tersadis di dunia berdasarkan kekejian dan jumlah korban yg dibunuh.

1. Belle Sorenson Gunness -Korban: 42

Dari 10 nama perempuan tersadis di dunia, Belle Sorens Gunness, berada di peringat pertama. Wanita ini dinilai super sadis yang membunuh para korbannya demi memuaskan kesenangan dan keserakahannya. Diperkirakan Belle telah membunuh 42 korban. Yang mengerikan, wanita ini membabat korbannya karena keserakahannya pada harta benda. Beberapa sejarawan mengatakan, Belle juga telah membunuh dua anaknya dengan cara meracuni mereka hanya agar bisa mengklaim uang asuransi atas nama dua anaknya. Kematian anak-anaknya dilaporkan sebagai disebabkan oleh serangan kolitis, tapi gejala gangguan ini sangat mirip dengan keracunan.

Padahal kalau mau dilihat, Belle bukanlah wanita yg hidup miskin dan berkekurangan. Ia lahir di Norwegia, ia pindah ke Amerika Serikat, dan menikah dengan seorang pengusaha di Chicago. Otak liciknya, dan kegilaannya akan uang membuat ia membakar bisnis keluarganya, lalu mengklaim asuransi.

Tidak berhenti sampai situ, ia juga dicurigai berada di balik kematian suaminya yang aneh, dengan motivasi uang asuransi.

Belle menjerat laki-laki paruh baya dengan pura-pura jatuh cinta, namun ketika mereka terjerat, si laki-laki akan bertemu ‘maut'. Biasanya, lewat kecelakaan-kecelakaan yang aneh. Ia menikah lagi dan lagi, dengan laki-laki kesepian, mereka tak menyadari di balik pesonannya dia adalah pembunuh berdarah dingin. Dia bisa dengan tenang sambil tersenyum pada korbannya, saat menyusun rencana pembunuhan. Tak heran ketika kasus ini terungkap banyak meragukan apakah Bella benar-benar ‘manusia' atau penjelmaan setan di bumi.

Lalu dunia pun heboh ketika menumukan 42 kerangka terkubur di sekitar rumahnya. Dari para korban ini Bella sukses mengumpulkan uang lebih dari seperempat juta dolar. Suatu ketika, tubuhnya ditemukan dalam kondisi mengenaskan, kepalanya terpenggal dan tubuh hangus terbakar. Siapa yng memperlakukannya dengan sadis? Apakah hal ini karena balas dendam. Tentang penemuan mayat mengerikan ini masih kontroversi, apakah benar dia adalah Belle atau wanita lain. Namun yg pasti sejak kasus penemuan mayat aneh itu, Belle tidak pernah muncul lagi.

2.Jane Toppan - Korban: 31

Kasus ini sungguh mengerikan karena terjadi di rumah sakit. Perawat yang ‘memangsa' pasien-pasien yang sakit dan lemah. Konon si perawat yang berbadan kekar itu, punya masalah trauma masa kecil sehingga ia berubah menjadi wanita kejam. Jane, begitu nama perawat sadis ini, memiliki seorang ayah yang gila, dia tumbuh besar di panti asuhan di Boston, dan berubah menjadi pribadi yg kasar. Lalu dia dipungut anak oleh orangtua asuh.

Hidup miskin bersama orangtua angkatnya membuat gangguan kejiwaannya makin parah..Menariknya, ia berhasil menyelesaikan sekolah perawatnya, dan mulai bekerja sebagai perawat di rumah sakit. Ternyata ia senang dengan kegiatan barunya itu, dan dia mendapat julukan "Jolly Jane". Yang menyenangkan baginya adalah, bukan karena dia bisa merawat orang sakit, melainkan, melakukan kegiatan seksual dengan pasien-pasien yang sakit yang telah diberi semacam obat olehnya.

Perilaku Jane ini nyaris seperti memperkosa pasien-pasiennya yang secara tak sadar melakukan aktivitas seksual karena pengaruh obat. Yang mengerikan, setelah itu, ia pun membunuh para korbannya.

Sering kali, dia mendatangi korbannya yang sedang tidur dan mencabulinya. Pasien yang dipilih adalah yang lemah dan sanggup melawan tubuh kekarnya. Kebrutalan Jane dalam seks lalu membunuh ini, akhirnya terungkap setelah ia membunuh 11 pasien pada 1885. Ternyata setelah ditahan pun nafsu membunuh Jane tidak berhenti. Ia mengaku telah membunuh 31 orang.

Dan dia merasa bangga akan apa yang telah dilakukannya. Namanya tercatat dalam sejarah sebagai salah satu orang yang paling banyak membunuh orang-dalam kondisi korban tak berdaya seperti sakit --- dibanding lelaki maupun perempuan manapun di dunia. Di pengadilan, Jane dibebaskan karena ia menderita gangguan jiwa dan ia hidup di Taunton Insane Asylum.

 3.Countess Elizabeth Bathory - Multiple Korban (Mandi darah korban untuk awet muda)

Dikenal sebagai The Blood Countess. Hal ini karena prilaku anehnya yang hobi membunuh wanita-wanita muda dengan alasan darah mereka bisa membuatnya awet muda. Jadi setelah membunuh, darah para korbannya dia tampung di sebuah tempat, kemudian dipakainya untuk mandi. Dia berkeyakinan darah wanita muda, dapat membuatnya awet muda. Ngeri! Wanita berdarah dingin ini sungguh mengalami gangguan jiwa yang parah. Kadang, dia bukan hanya membunuh satu korban dalam satu kesempatan, tapi beberapa sekaligus. Suatu ketika saat tubuhnya yang telanjang masih berlumuran darah (mandi darah) lalu dia menyuruh korbannya yang lain menjilati sekujur tubuhnya yang masih penuh darah. Dari sanalah si wanita aneh ini mendapat sensasi seks. Ya, selain nafsu membunuh, di sini juga ada nafsu seks dari perempuan jahanan itu. Mungkin inilah kisah nyata horror yg paling mengerikan sepanjang sejarah. Dia begitu suka pada darah, seolah melihat darah membangkitkan gairah sexnya. Dia dijuluki wanita vampire dalam kehidupan nyata. Karena dalam kesehariannya dia mempraktekkan kisah-kisah vampire yang haus darah. Rumor kisah Bram Stoker's Dracula diduga didasari dengan kisah mengerikan ini. Teror ini terjadi di Kerajaan Hongaria (sekarang Slovakia).

Bagaimana cara Elisabeth pemangsa mengaet korbannya? Konon, ia mencari mangsanya di desa-desa, umumnya adalah wanita wanita cantik dan berusia muda. Kepada mereka ia menjanjikan pekerjaan di istana. Mereka yang terpikat dengan mudah percaya dengan janji wanita bangsawan itu, dan mengikutinya ke istana. Ternyata sampai di sana mereka pun di penjara di bawah tanah. Mereka pun satu demi satu disembelih Elisabeth yg menggunakan darahnya untuk mandi.

Konon, suaminya, Ferenc Nádasdy, diduga mengetahui kejahatan istrinya, bahkan dia pun kabarnya ikut terlibat. Bahkan dia memberikan hadian bagi istrinya sebuat kastil yang digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan para wanita muda yg malang.